Kelurahan Kampung Bali Tanam Pohon Mahoni di Sejumlah Titik

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Kampung Bali didampingi Kasie Ekbang melakukan penanaman pohon mahoni. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Kampung Bali melakukan penanaman bibit pohon mahoni yang berlokasi di parkiran milik swasta, Jalan Kampung Bali 33, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).

Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty mengatakan, jajaran Kelurahan Kampung Bali sudah menanam pohon di beberapa titik wilayah untuk menghijaukan Jakarta.

"Sebelumnya kita sudah menanam pohon di dua RPTRA, lalu hari ini di Jalan Tanah Rendah RW 03, dan Wahid Hasyim tepatnya di parkiran milik swasta," katanya, didampingi Kasie Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Kampung Bali Pono.

Di milik lahan swasta, lanjutnya, Kelurahan Kampung Bali telah berkoordinasi untuk melakukan penambahan penanaman tanaman baru.

"Jumlah tanaman pohon kita sesuaikan dengan area yang memang bisa ditanami. Total sudah ada 60 pohon yang telah ditanam di wilayah Kampung Bali," jelasnya.

"Nanti akan kita tanam lagi tanaman. Kita sedang berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemilik lahan yang masih bisa ditanami tanaman," imbuhnya.

Terkait perawatan, Ety menjelaskan, akan dikelola pemilik lahan swasta. Sedangkan di RPTRA akan dikelola pengelola RPTRA.

Ety berharap dengan ditanamnya pohon ini dapat lebih menghijaukan lingkungan dan menambah lokasi penanaman sesuai arahan dari pimpinan. 

"Menanam pohon bisa menghijaukan lingkungan, menambah oksigen, dan menjadi sejuk," harapnya.