Kelurahan Rawasari Kolaborasi Puskesmas Gelar Posyandu Balita

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Posyandu balita di Pos RW 08, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (6/4). Foto: Malik Maulana

Kegiatan posyandu balita merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangannya. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kali ini, Kelurahan Rawasari bekerja sama dengan Puskesmas Rawasari mengadakan posyandu balita, di Pos RW 08, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (6/4).

“Para balita di sini dilakukan penimbangan berat badan, ukur tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, serta penyuluhan. Pemeriksaan tersebut guna melihat tumbuh kembang balita," kata Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Kelurahan Rawasari Retno Mulianingsih.

Selain itu, lanjutnya, ada juga pemberian makanan tambahan (PMT) dan pemberian obat cacing gratis. 

Sebelumnya, Retno menambahkan, kader posyandu sebelum hari H mendatangi rumah warga yang memiliki balita dan memberikan undangan untuk hadir ke posyandu balita. Ada 150 balita ikut pemeriksaan kesehatan. 

"Alhamdulillah antusias warga dengan adanya posyandu balita cukup baik. Saya juga berharap para balita di sini bisa terhindar dari gizi buruk, pokoknya sehat semua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 08 Kelurahan Rawasari Zumarni mengaku senang dengan adanya kegiatan posyandu balita ini.

“Bagus ya ada posyandu balita yang rutin dilakukan setiap bulannya. Jadi,  perkembangan para balita dapat terpantau dengan baik” ujarnya.

"Semoga dengan adanya posyandu balita ini kesehatan para balita dan tumbuh kembang anak dapat terpantau baik di wilayahnya," harapnya.