Kelurahan Sumur Batu Gelar Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Keluarga

Reporter: Nila Magang  | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi terkait peran orang tua di dalam pembinaan keluarga. Foto: pusat.jakarta.go.id

Parenting merupakan pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap anak. Pola parenting ini nantinya bisa berpengaruh terhadap banyak aspek dalam kehidupan anak hingga dewasa, mulai dari sisi akademik, kesehatan mental, pola hidup, hingga kehidupan sosialnya.

Guna menerapkan pola asuh tersebut, Kelurahan Sumur Batu mengadakan sosialisasi terkait peran orang tua di dalam pembinaan keluarga dan konsep diri orang tua yang tidak terlepas dari parenting yang diikuti para orang tua warga Kelurahan Sumur Batu, di RPTRA Mutiara, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (7/11).

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Sumur Batu Pandhu Withono menjelaskan, parenting yang baik melibatkan kasih sayang dari orang tua, komunikasi yang baik, memberikan batasan yang sehat, dan memberikan contoh yang baik bagi anak-anak.

"Mendengarkan dan memahami kebutuhan serta perasaan anak juga sangat penting," imbuhnya.

Untuk itu, lanjutnya, penting mengetahui konsep diri sebagai orang tua dalam pemahaman tentang peran dan tanggung jawab.

"Konsep diri orang tua mencakup pemahaman mereka tentang peran dan tanggung jawab mereka sebagai orang tua. Hal ini melibatkan pengenalan dan penerimaan atas kelebihan dan kelemahan pribadi, serta upaya untuk terus belajar dan tumbuh sebagai orang tua yang lebih baik," jelasnya.