Meninjau Proklim, Plt Wakil Wali Kota Minuman Olahan Kembang Telang

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peninjauan Proklim di wilayah Kelurahan Pasar Baru. Foto: Malik Maulana

Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin meninjau verifikasi lapangan penilaian dan pembinaan program kampung iklim (Proklim) tingkat pratama atau kota tahun 2023, di RW 02 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Selasa  (14/2).

Iqbal mulai berjalan menelusuri beberapa lokasi yang dimanfaatkan warga dengan menanam tanaman yang bisa diproduksi untuk minuman dan makanan. 

“Kita liat tadi di kebun bibit misalnya ada pembibitan tanaman telang dan rosella, yang sudah ada produksi dari tanaman tersebut. Saya mencoba minuman dari kembang telang dan puding telang, rasanya enak dan segar,” Iqbal mengungkapkan.

Menurutnya, pemanfaatan dari tanaman tersebut dapat menjadi produk-produk olahan potensial serta semakin menggerakkan warga untuk menciptakan kreasi lainnya yang tidak hanya hijau bagi lingkungan tapi bermanfaat, dan memiliki nilai jual.

Sementara itu, Lurah Pasar Baru Arby Novianto menjelaskan, proklim ini ada empat indikator yaitu mitigasi, adaptasi, kelembagaan, dan pemberdayaan masyarakat, yang kesemuanya sudah ada di wilayah Kelurahan Pasar Baru.  

“Kita mempunyai gang hijau, bank sampah, produk hasil sampah, rumah untuk menampung minyak jelantah hasil sedekah masyarakat, rumah bibit, dan budidaya maggot. Rumah bibit dan budidaya maggot menjadi program unggulan wilayah Pasar Baru,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Staf Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Fathia Anindita mengajak masyarakat bisa membangun perekonomian dari hasil program proklim, agar dapat tercipta hasil olahan yang dapat memiliki nilai ekonomi.

"Saya berharap lokasi proklim ini dapat menyebar di setiap RW di DKI Jakarta khususnya di Jakarta Pusat, sehingga warga dapat hidup dengan nyaman serta bisa menambah perekonomian keluarga jika memanfaatkannya olahan dari tanaman," imbaunya.