Menko PMK Meninjau Posyandu Balita di Duri Pulo

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

MenteMenko PMK Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengunjungi posyandu di Kelurahan Duri Pulo. Foto: Malik Maulana

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy didampingi Ketua TP PKK Jakarta Pusat Ucu Jamilah serta Camat Gambir Andri Ferdian meninjau posyandu di Kelurahan Duri Pulo, Senin (20/2).

Muhadjir Effendy mejelaskan, peninjauan ini guna mengecek kesehatan balita serta ibu hamil dan kesiapsiagaan para kader yang ada di Kelurahan Duri Pulo.

“Tadi saya lihat alat ukur dan timbangannya sudah memenuhi standar sesuai yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, tenaga kader yang sudah mumpuni, tapi perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Menurut Menteri Menko PMK, pemberian makanan tambahan (PMT) perlu diperhatikan dan ditingkatkan lagi. "PMT untuk ibu hamil dan anak-anak perlu ditingkatkan. Saya akan bicarakan ke pak gubernur, bagaimana supaya anak-anak dan ibu hamil mendapatkan asupan makanan tambahan untuk memastikan calon bayinya nanti tidak menjadi tengkes (stunting), kalau sudah terkena tengkes sangat berat memulihkannya," ucapnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat terutama yang berada di Kelurahan Duri Pulo agar memberikan perhatian kepada ibu hamil dan balita. Lingkungan juga dijaga kebersihannya, terutama dari penyakit menular.

Sementara itu, di lokasi yang sama Fitria Handayani warga RW 12 Kelurahan Duri pulo mengaku sangat senang dengan adanya posyandu balita ini, karena dapat mengetahui perkembangan anak. 

“Saya mengikuti posyandu balita ini dari anak pertama hingga saat ini anak kedua. Saya berharap terus ada kegiatan seperti ini agar dapat mengetahui kesehatan balitanya," tandasnya.