Meriahkan HUT Jakarta, Sudin Parekraf Akan Gelar Atraksi Seni di Museum MH Thamrin

Reporter: Iman  | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam rangka turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) akan menggelar Atraksi Seni Kreatif di Ruang Publik. 

Lokasi yang akan dijadikan tempat kegiatan ialah Museum Mohammad Husni (MH) Thamrin, di Jalan Kenari II No.15, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Adapun jadwal pelaksanaannya pada hari Sabtu 24 Juni 2023 yang dimulai pada pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriyani, di Museum MH Thamrin, Kenari, Kamis, (22/6).

“Sesuai dengan tugas kami dari Sudin Parekraf, tentunya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kota Jakarta Pusat ini. Nah, ini bertepatan dengan HUT Kota Jakarta yang ke-496, yang mana kegiatan ini berkaitan dengan sosok Bapak MH Thamrin. Jadi, tidak ada salahnya membuat pagelaran seni, di Museum M.H. Thamrin yang kemungkinan masih banyak belum dikenal oleh masyarakat,” ujarnya.

Wiwik menambahkan, pihaknya akan membuat kegiatan aktivasi dan kegiatan hiburan agar generasi muda atau masyarakat datang untuk melihat lebih mendalam sosok MH Thamrin. 

“Ada gelaran musik, tarian, dan panggung untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Kemudian juga ada bazar untuk ekonomi kreatif, tempatnya kita ambil di MH Thamrin agar mereka yang datang ini bisa langsung mengenang MH Thamrin,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya mendapat dukungan dari berbagai Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) dan juga unsur masyarakat sekitar.

“Kita mendoakan mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Karena hari ini sudah kita laksanakan pengecekan lapangan bersama para UKPD dan pendukung lainnya untuk tugas dan tupoksinya masing-masing. Seperti tadi sudah lihat ada Sudin PPAPP, Perhubungan, Kebudayaan, Satpol PP, Damkar, Kominfo, semuanya,” jelasnya.

Wiwik juga mengimbau kepada masyarakat untuk ramai-ramai datang ke acara ini untuk menambah pengetahuan tentang sejarah Pahlawan Nasional MH Thamrin.

“Harapannya nanti generasi ke depan utamanya generasi muda itu lebih bisa tahu ini salah satu destinasi wisata kota Jakarta Pusat yang wajib dikunjungi bukan hanya oleh warga Jakarta, juga ini untuk disebarluaskan pada masyarakat Indonesia bahkan dunia,” tandasnya.