Nonton Pertujukan Teater Pelajar, Sekko: Memuaskan

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pertunjukan teater pelajar. di Gedung PPSB Muhammad Mashabi, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (17/2). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menutup pelatihan seni teater pelajar, di Gedung PPSB Muhammad Mashabi, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (17/2).

Pelatihan tersebut telah berlangsung sejak tanggal 6-17 Februari 2023 yang diperankan para pelajar di wilayah Jakarta Pusat.

Penutupan pelatihan seni teater ini diisi dengan pertunjukan bergenre komedi horor dengan judul 'Awas Ada Zombie'.

Sekko yang menyaksikan secara keseluruhan pertunjukan ini mengapresiasi seluruh peserta yang terlibat.

"Tadi dalam pertunjukan tidak hanya aktor dan artis yang dapat kita saksikan, tapi seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan pertunjukan tadi ada lighting, ada atribut, ada musik, ada dekorasi, dan lain-lain. Menjadi satu kesatuan terintegrasi hingga mewujudkan tampilan yang dapat memuaskan penonton," ucap Iqbal.

Dirinya melihat kegiatan ini merupakan suatu wadah dan upaya mengembangkan seluruh potensi siswa-siswi yang ada di SMA, SMK di Jakarta Pusat, dalam rangka meningkatkan aktualisasi diri maupun pengembangan bakat di sekolah.

"Luar biasa, banyak potensi yang ada Jakarta Pusat dalam seni teater, dan tadi saya minta juga kepada Pak Kasudin Kebudayaan untuk lebih menyebarluaskan lagi kegiatan ini di sekolah lainnya," ujar Iqbal.

Sementara itu, Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Nurdin bersyukur pelatihan seni teater yang diselenggarakan pihaknya membuahkan hasil.

"Hasilnya cukup memuaskan, ternyata potensi potensi dari remaja kita dalam hal teater cukup bisa membanggakan. Tadi terbukti dari penampilan itu kita latih hanya 10 hari dengan pelatih yang memang qualified ternyata menghasilkan tampilan yang luar biasa," kata Nurdin.

Setelah pelatihan ini, menurut Nurdin, pihaknya akan menyiapkan event dengan skala yang lebih besar yaitu festival teater pelajar di tingkat kota. "Mungkin 2 atau 3 bulan ke depan itu akan kita gelar," terangnya.

Nurdin pun menjamin seluruh peserta akan mendapatkan manfaat dari apa yang sudah mereka lalui setelah tergabung dalam program pelatihan seni teater ini.

"Kita berikan sertifikat semua. Begitu juga pelatih dan asisten pelatih juga kita berikan sertifikat dengan tujuan sertifikat itu bisa menjadi bahan, dan referensi para peserta didik kita untuk berkompetisi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi," pungkasnya.