Panen Sayuran di Rooftop Kantor Wali Kota, Sudin KPKP Buktikan Berkebun Bisa Dimana Saja

Reporter: Danar Pusung | Editor: Shendy Adam

Panen Sayur di Rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Zaki

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat memanen berbagai sayuran di rooftop kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (3/2).

Menurut Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti, acara panen ini sebenarnya sudah rutin dilaksanakan. “Ini merupakan kegiatan rutin di hari Jumat, yaitu Jumat menanam atau Jumat memanen,” ujar Penty.

Lebih lanjut Penty juga menjelaskan, panen ini bukan kali pertama, karena sebelumnya sudah pernah dilakukan panen raya melon di lokasi yang sama. “Jadi awal mula panen di sini itu waktu panen raya melon, dan menghasilkan 100 buah melon,” jelas Penty.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini sesuai dengan program Pemprov DKI Jakarta yang sedang gencar melakukan penanaman pohon, termasuk di antaranya pohon produktif.  “Di sini kan termasuk (wilayah) Kecamatan Gambir ya, jadi di rooftop walikota pun juga membudidayakan tanaman cabai,” ujarnya. Untuk diketahui, tanaman tematik yang ditetapkan untuk Kecamatan Gambir adalah tanaman cabai.

Penty menceritakan, awal mula rooftop di kantor Wali Kota Jakarta Pusat ini dijadikan tempat berkebun adalah karena memang keterbatasan lahan untuk menanam. “Karena keterbatasan lahan di Jakarta Pusat, dan kebetulan terdapat ruang terbuka di sini yang memang ranahnya perkantoran, maka pada tahun 2021 kita manfaatkan ruang terbuka di rooftop kantor wali kota ini untuk berkebun,” terang Penty

Diubahnya rooftop kantor wali kota menurut Penty, selain untuk ketahanan pangan juga untuk tempat edukasi, sosio interaksi khususnya untuk lingkup walikota.

“Kami berharap ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat sekitar bahwa dengan di lahan seperti ini pun kita bisa melakukan kegiatan yang produktif dengan ditanami dengan tanaman yang produktif yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan,” tutup Penty

Untuk diketahui, hasil panen hari ini menghasilkan sekitar 25 kilogram pakcoy, dan tujuh kilogram kangkung serta beberapa kilogram jeruk dan kembang kol.