Pemkot Jakpus Ajak Kusir Delman  Bersih-bersih Sekitar Monas

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat koordinasi kegiatan bersih-bersih kawasan Monas. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui bidang perekonomian mengundang Asosiasi Delman Monas untuk bekerja sama melakukan kegiatan bersih-bersih dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, pertemuan ini sebagai ajang silaturahim dan juga untuk membangun rasa kepedulian bagi teman-teman yang mencari rezeki melalui delman di kawasan Monas lewat giat bersih-bersih pada tanggal 26 Mei 2023.

“Jadi rencananya kita akan adakan bersih-bersih kawasan Monas pada Jumat 26 Mei 2023 pagi, kita mengundang para Kusir Delman Monas untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Alat-alat kebersihannya kalau ada yang punya silakan dibawa, kalau tidak ada nanti disediakan dari kita,” tuturnya.

Selain itu, Bakwan Ferizan Ginting meminta kepada Asosiasi Delman Monas pada Sabtu hingga Minggu para kusir delman untuk menghentikan sementara pengoperasiannya, hal tersebut untuk tetap menjaga kebersihan kawasan monas dari kotoran kuda.

“Kita imbau untuk teman-teman yang hadir pada rakor ini untuk libur beroperasi dulu pada Sabtu-Minggu (27-28 Mei), dan tolong kasih tau juga teman yang lainnya agar libur dulu,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Delman Monas Nanang yang hadir bersama empat rekannya mengaku akan membantu pemerintah kota dalam kegiatan ini.

Nanang menambahkan, akan mengerahkan seluruh anggota asosiasi yang berjumlah 45 orang  ikut serta membantu dalam giat bersih-bersih.

“Untuk harian, biasanya juga kita membersihkan kalau ada kotoran kuda yang jatuh di kawasan Monas, sementara kencingnya pun kita siram dengan karbol menggunakan air bersih dari IRTI,” ucapnya.

Terkait penghentian sementara pengoperasian delman pada pada tanggal 27-28 Mei mendatang, Nanang akan menginstruksikan teman-teman yang tergabung dalam Asosiasi Delman Monas untuk tidak beroperasi sementara.

“Kita berterima kasih sudah diundang dalam rapat ini, artinya keberadaan kita dihargai, semoga kedepannya dapat terus terjalin silaturahim yang baik,” tutupnya.