Pemkot Jakpus Gelar Rapimtas Bahas Persiapan Pemilu 2024

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Rapimtas. Foto: Maulana

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar rapat pimpinan terbatas (rapimtas) membahas persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Rapimtas tersebut berlangsung di Ruang Rapat Walikota, Lantai 1, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (20/6).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, dalam rapat ini menindaklanjuti hasil audiensi penjabat gubernur bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai persiapan menjelang pemilu salah satunya ialah tempat logistik pemilu.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mempersilahkan setiap kecamatan menggunakan ruang pola di kantor kecamatan jika GOR di wilayahnya tidak memungkinkan.  

"Kalaupun menggunakan GOR terlebih dahulu cek dan diperbaiki sedikit-sedikit agar tidak bocor saat hujan, kalau tidak memungkinkan menggunakan GOR bisa menggunakan ruang pola di kantor kecamatan atau lokasi lainnya yang efektif sebagai tempat logistik pemilu. Nanti akan diverifikasi oleh Kesbangpol," katanya.

Selain tempat logistik, Dhany juga meminta kepada para camat untuk memfasilitasi sosialisasi pemilu kepada penghuni apartemen agar pemilu tahun 2024 berjalan lancar.

"Teman-teman camat yang di wilayahnya banyak apartemen agar punya perhatian serius dan koordinasikan dengan pengelola, minimal kita memiliki data siapa penghuni yang ada di dalam sehingga, saat pemilihan kita bisa membuat TPS sesuai kebutuhan. Jadi, lakukan cek and ricek kalau perlu bersama KPU dan Kesbangpol melakukan sosialisasi sekaligus mengecek penghuni apartemen," ucapnya.

Sementara, lanjutnya, untuk meningkatkan partisipasi politik para pemilih pemula yang pada 14 Februari 2024 mendatang yang berusia 17 tahun, akan diberikan sosialisasi pemilu melalui daring terpusat dan bila diperlukan akan digelar secara luring ke sekolah-sekolah.

"Nanti bila diperlukan untuk meningkatkan jumlah partisipasi politik pemilih pemula, kita akan lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.  Kesbangpol bersama Sudin Pendidikan akan  memfasilitasi KPU," tandasnya.