Pemkot Jakpus Gelar Wawasan Keagamaan Islam, Safari Ramadan, dan Festival Beduk

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan Safari Ramadan dan Festival Bedug. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar Safari Ramadan dan Festival Beduk 2023 serta wawasan keagamaan Islam, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (12/4).

Dalam sambutannya, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta dengan Suku Dinas Kebudayaan.

"Kegiatan ini menjadi semakin terasa kemeriahannya dengan adanya festival beduk dan tausiyah yang bertema komitmen bersama meningkatkan ketaqwaan, dan kesederhanaan gaya hidup," katanya.

Dalam kesempatan ini, Dhany juga berterima kasih kepada Penjabat Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Mirdiyanti yang telah hadir sehingga, dapat memberikan motivasi bagi PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Kalau TP PKK, DWP diberi tanggung jawab Insya Allah pasti akan melebihi batas capaian yang ditetapkan dan hasilnya luar biasa," katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengungkapkan dengan kolaborasi antara PKK dan Sudin Kebudayaan membuat Jakarta Pusat menjadi lebih kompak dan lebih bersinergi dalam mewujudkan tujuan yang positif.

"Dengan kegiatan ini akan menjadikan kita pribadi yang lebih bertakwa, memiliki sifat mental yang positif, dan mawas diri. Sehingga, bisa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M Nurdin menuturkan, kegiatan Safari Ramadan dan Festival Beduk ini menjadi satu kesatuan yang diselenggarakan untuk menyemarakan bulan suci Ramadan.

Menurutnya, Festival Beduk sendiri dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi nantinya.

"Ada 16 tim yang akan berlomba di Festival Beduk ini selama 2 hari dari tanggal 12 dan 13 April 2023. Di mana tiap kecamatan mengirimkan dua tim perwakilan dan akan kita cari lima juara terbaik yaitu juara 1, 2, 3, harapan 1 dan harapan 2. Juara 1 dan 2 akan kita kirim ke tingkat provinsi,"ucapnya.

Para juara, lanjutnya, akan mendapat tropi, piagam penghargaan serta uang pembinaan. "Di tingkat provinsi kita targetkan mendapat juara umum," tegasnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan santunan kepada 200 yatim dan duafa yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.