Pemkot Jakpus Kolaborasi Gekrafs Gelar Workshop Menunjang Kebangkitan Ekonomi UMKM

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali kota membuka workshop UMKM. Foto: Shabrina Saraswati

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar workshop Menunjang Kebangkitan Ekonomi UMKM Melalui Program Pelatihan dan Pengembangan.

Workshop ini berlangsung di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (26/7).

Ketua Umum Gekrafs Jakarta Pusat Muhammad Bagier dalam laporannya mengatakan, suatu kehormatan Gekrafs bisa berkolaborasi dengan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dan pihak terkait lainnya dalam memajukan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

"Gekrafs hadiri untuk memfasilitasi para UMKM dan teman-teman yang berada dalam lingkaran ekonomi kreatif yang mempunyai peran yang sangat luar biasa," katanya. 

"Ada sebanyak 130 peserta yang hadir dan semoga workshop ini dapat bermanfaat bagi para peserta," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan, dengan adanya kegiatan semacam ini dan didukung oleh berbagai pihak membuat UMKM bisa naik kelas.

"Keberadaan bapak ibu pelaku UMKM banyak yang memperhatikan. Dan perhatian ini harus disambut dengan mau merubah pola pikir dan tindakan kita beradaptasi atas perubahan lingkungan yang semakin cepat," ucapnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 memang sempat memporak porandakan ekonomi tetapi dibalik itu semua ada hikmah yang bisa dipetik dalam mengembangkan usaha UMKM dengan memanfaatkan teknologi.

Kini, kata Dhany, banyak pusat perbelanjaan megah namun telah kosong isinya karena sudah beralih. "Kita harus bisa memanfaatkan peluang dengan potensi yang kita miliki. Caranya cepat beradaptasi dengan teknologi supaya kita bisa mengikuti tuntutan perkembangan zaman dalam UMKM yang telah digeluti," jelasnya.

"Saya juga berharap para peserta bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya dan setelah ini langsung dipraktikkan jika kita ingin berkembang. Orang yang berhasil, orang yang bisa memanfaatkan peluang," imbuhnya.

Dalam workshop ini menghadirkan tiga narasumber dengan materi Strategi Marketing UMKM untuk menjadi Pemenang di Era Digital dibawakan oleh Satya Aditya Wibowo, lalu Kupas Tuntas Strategi Sukses Berjualan Online oleh Amron Naibaho, dan terakhir Rahasia UMKM Omzet Dahsyat dengan Tiktok oleh Yohan Liutama dan Aldo Shurman.