Pemkot Jakpus Kolaborasi Kadin Adakan Bazar dan Fashion Selama 3 Hari

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Bazar UMKM, fashion show, dan ekonomi kreatif. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengadakan bazar UMKM, fashion show, dan ekonomi kreatif.

Dalam bazar tersebut, terdapat 25 stan tenant yang ikut bergabung dalam acara tersebut, baik makanan ataupun fashion, di halaman Blok C, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (22/2).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengaku bahwa bazar UMKM merupakan kegiatan positif yang harus terus didukung, agar ekonomi di Jakarta Pusat dapat terus berkembang

“Ini adalah kegiatan road show yang diadakan oleh Kadin, bekerja sama dengan IWAPI, PKK, dan Dekranasda Jakarta Pusat. Yang kesemuanya untuk mendukung pergerakan perekonomi di Jakarta Pusat,” ujarnya. 

Menurutnya, para penggiat di sini sangat kompak dan bergandeng tangan untuk merangsang berkembangnya perekonomian di Jakarta Pusat.

“Festival ini tidak hanya kuliner tapi juga fashion, menjadi bukti nyata bahwa kegiatan ini untuk mengembangkan perekonomian di Jakarta Pusat dan harus terus didukung," terang Bakwan Ferizan Ginting.

Sementara itu, dalam bazar tersebut juga terdapat fashion show yang diperagakan para anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) serta perwakilan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Fashion yang dikenakan para model merupakan hasil dari salah satu peserta bazar yang memang memproduksi pakaian motif nuansa daerah.

Ketua IWAPI Jakarta Pusat Esti Martono menjelaskan, adanya fashion show pakaian nuansa daerah adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa produk lokal tidak kalah bagusnya dengan produk luar negeri.

“Baju yang dipakai di fashion show itu semua produk lokal dan hasil karya salah satu pengrajin Dekranasda yang juga ikut menjadi peserta bazar,” ungkap Esti. 

Lanjut Esti, acara ini merupakan kegiatan road show yang sudah dilakukan dari bulan Desember lalu. “Acara di sini akan berlangsung selama 3 hari ke depan,” ujar Esti.

Esti mengaku senang karena meskipun sempat hujan, antusias pengunjung sangat besar pada bazar kali ini. “Terima kasih buat para pengunjung, walaupun hujan tapi tetap mau datang ke bazar kami, terima kasih,” tutupnya.