Pemkot Jakpus Kolaborasi PPKUKM Gelar Bazar Jakpreneur di Enam Lokasi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Bazar Jakpreneur di Rusun Karang Anyar. Foto: Maulana

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta menggelar Bazar Jakarta Enterpreneur (Jakpreneur) serentak di enam wilayah kota dan kabupaten mulai 20-21 Maret 2023.

Di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat sendiri Bazar Jakpreneur di enam lokasi yaitu di Kecamatan Sawah Besar, Johar Baru, Cempaka Putih, Gambir, Tanah Abang, dan Senen.

Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, sektor UMKM memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempertahankan pertumbuhan sektor riil. Sehingga, dapat berjalan dengan baik.

"Industri kecil dan menengah memiliki kemampuan untuk bertahan terhadap terpaan krisis ekonomi," katanya saat membuka Bazar Jakpreneur yang disiarkan langsung melalui video konferensi, Senin (20/3).

Ratu menuturkan, kegiatan ini merupakan bukti nyata peningkatan ekonomi kerakyatan, rasa cinta produk dalam negeri serta bagian dari pembinaan yang dilakukan oleh sudin di enam wilayah kota/kabupaten.

"Ini sekaligus salah satu langkah promosi produk kreatif dan penggunaan produk dalam negeri. Diharapkan kegiatan ini dapat menciptakan produktivitas dan akses pasar baru bagi pelaku UMKM," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat M Yassin Pasaribu mengungkapkan, salah satu bazar Jakpreneur ini dilaksanakan di Rusun Karang Anyar untuk membantu masyarakat Rusun dan sekitarnya menikmati produk-produk Jakpreneur.

"Alhamdulilah Bazar Jakpreneur ini berjalan dengan baik dan mudah-mudahan antusiasme masyarakat bagus," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Vicky menerangkan, bazar ini untuk meningkatkan UMKM menyambut bulan suci Ramadan.

"Ada 6 pengampu Jakpreneur dan 30 UMKM yang mengikuti bazar ini di setiap lokasi, kita juga berkolaborasi dengan Bulog, Perumda Pasar Jaya, dan Dharma Jaya. Kemungkinan Insya Allah, kita bisa menyelenggarakan bazar ini dua kali dalam 1 bulan," terangnya.