Pemkot Jakpus Terima Penghargaan Penyelenggara Imunisasi Terbaik

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Pemkot Administrasi Jakarta Pusat meraih penghargaan sebagai penyelenggara imunisasi terbaik se-Pemprov DKI Jakarta. Foto: pusat.jakarta.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat meraih penghargaan sebagai penyelenggara imunisasi terbaik se-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Penghargaan tersebut diterima Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Juhandi bersamaan dengan Kick Off Kerja Sama Penguatan Sistem Pelayanan Kesehatan untuk Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di sebuah pusat perbelanjaan ternama di kawasan Jalan Casablanca, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (13/5).

Selain Pemkot Administrasi Jakarta Pusat penghargaan tersebut juga di terima Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Istiqlal sebagai sekolah dengan cakupan imunisasi terbaik di wilayah Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari menerangkan, ada beberapa poin penilaian hingga Kota Administrasi Jakarta Pusat menerima penghargaan imunisasi terbaik.

"Poin penilaiannya seperti, jumlah terbesar wanita usia 15 sampai dengan 39 tahun yang mendapat imunisasi tetanus lengkap terbanyak, presentase terkecil anak yang tidak lengkap imunisasi Difteri, Pertusis, dan Tetanus (DPT) nya, jumlah terbanyak anak yang mendapat imunisasi Hb0, Prosentase terbesar dari sasaran bayi yang mendapat imunisasi dasar lengkap yang tercatat pada sistem Sehat IndonesiaKu, dan jumlah terkecil anak yang tidak mendapat imunisasi campak rubella," jelasnya.

Rismasari menambahkan, tujuan imunisasi agar memdapatkan imunitas atau kekebalan anak secara individu dan eradikasi atau pembasmian sesuatu penyakit dari penduduk sesuatu daerah atau negeri.

"Sedikitnya 70 persen dari penduduk suatu daerah atau negeri harus mendapatkan imunisasi. Yang tidak kalah pentingnya adalah imunisasi ulang (booster) yang perlu dilaksanakan dalam waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan kembali imunitas/kekebalan penduduk," katanya.

"Manfaat Imunisasi adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yakni virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian-bagian dari bakteri (virus) tersebut telah dimodifikasi," tandasnya.