Pengurus Pimpinan Cabang Persis Cempaka Putih dan Senen Resmi Dilantik

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pengukuhan dan pelantikan PC Persis Cempaka Putih dan PC Persis Senen. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat yang diwakili Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) menghadiri pengukuhan dan pelantikan Pengurus Cabang Persatuan Islam (PC Persis) Cempaka Putih dan PC Persis Senen yang berlangsung di ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (19/7).

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan ini  mengangkat tema "Lahirnya PC Persis Cempaka Putih dan Senen, Merupakan Partisipasi Nyata Persis Dalam Membangun Mental Spritual Masyarakat di Jakarta Pusat" yang diikuti oleh 30 anggota kepengurusan baru PC Persis Cempaka Putih dan Senen.

Kabag Kesra Setko Administrasi Jakarta Pusat Achmad Joehandi dalam sambutannya menuturkan bahwa ada peran ormas Islam dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia pasca-kemerdekaan.

"Negara ini dibangun tidak lepas dari peran ormas Islam termasuk Persis, melalui kontribusi pemikiran yang bersifat heterogen dan majemuk," ujar Achmad.

Selain itu, ia menambahkan, Jakarta Pusat juga merupakan salah satu basis pergerakan ormas Islam yang dibuktikan dengan tersebarnya kantor sekretariat ormas Islam di beberapa lokasi.

"Kalau kita ke Matraman mesjid sampingnya ada Syarikat Islam (SI), kesini ada PBNU, kesana dikit ada Muhammadiyah, di tengah tengahnya ada Persis, di Paseban dan semuanya," kata Acmad.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh ormas Islam yang ada di wilayah Jakpus dapat saling melengkapi satu sama lain dan tentunya dapat bersinergi dengan pemerintah.

"Kami dari kantor wali kota, berharap menjadi sinergis kita dalam keberadaan ormas Islam terlebih dalam kehidupan masyarakat di Jakarta Pusat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PD Persis Kota Jakpus Achmad Fadillah mengucapkan rasa syukurnya atas pengukuhan dan pelantikan PC Persis Cempaka Putih dan Senen. Achmad melihat kesempatan ini merupakan salah satu perwujudan cita-cita dari para pendahulu yang diamanahkan kepada pihaknya.

"Alhamdulillah pelantikan ini kita semua Insya Allah akan menjadi bagian dari pada catatan sejarah baru wabil khusus di lingkungan PD Persis Jakpus," tuturnya.