Permudah Urusan Administrasi, Kelurahan Mangga Dua Selatan Luncurkan Program PERALIHAN

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Warga yang telah usah melakukan proses pelayanan PERALIHAN. Foto: Andreas Pamakayo

Kelurahan Mangga Dua Selatan (Madusela) meluncurkan Pelayanan Rabu Keliling Kelurahan (PERALIHAN), di Sekretariat RW 10, Jalan Pisang Batu, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

Camat Sawah Besar Prasetyo didampingi Lurah Mangga Dua Selatan Agata Bayu Putra secara resmi meluncurkan program PERALIHAN tersebut. 

Prasetyo mengatakan, ini merupakan inovasi pelayanan terpadu yang dilaksanakan oleh jajaran Kelurahan Mangga Dua Selatan berupa pelayanan dari masing-masing unit, baik dari unsur kelurahan (seperti, Pelayanan PM 1, surat keterangan waris dan sebagainya), pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (seperti, identitas kependudukan digital, distribusi E-KTP, Akta Lahir maupun jenis pelayanan lainnya).

"Ada juga pelayanan dari PTSP seperti, pembuatan surat izin usaha atau Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Serta, pelayanan dari bidang sosial seperti, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), KJP, dan sosialisasi pengajuan alat bantu fisik bagi warga difabel," jelasnya. 

Menurutnya, pelayanan ini secara terpadu dilakukan secara terjadwal dengan melakukan jemput bola ke masyarakat di masing-masing RW maupun lokasi yang membutuhkan pelayanan. 

"Nantinya para petugas PERALIHAN ini mendatangi warga secara terjadwal di tiap wilayah. Tujuannya dalam rangka lebih mempermudah, mendekatkan diri kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan, lebih cepat dan mudah. Serta dapat menjalin komunikasi dengan masyarakat," jelasnya. 

Prasetiyo menambahkan, selain pelayanan secara administrasi juga membuka pelayanan berupa konsultasi, maupun pengaduan. Sehingga, persoalan yang ada dapat langsung dikomunikasikan, diberikan solusi dengan jajaran kelurahan atau sektoral lainnya beserta pengurus RW, RT, dan komponen masyarakat. 

Ke depan, lanjut Prasetyo, inovasi PERALIHAN ini akan dikembangkan, dikolaborasikan secara terpadu dengan unsur yang ada di tingkat kecamatan. 

"Kita akan kembangkan inovasi ini dengan berkolaborasi dengan unsur Bank DKI, Pajak, dan lainnya yang ada di Kecamatan Sawah Besar sehingga bisa lebih luas lagi jangkauannya agar dapat dinikmati oleh masyarakat dari semua kalangan. Baik itu nanti dilaksanakan di pos-pos RW, dan di tempat keramaian seperti, pertokoan, dan mal," harapnya. 

Sementara itu, Lurah Mangga Dua Selatan Agata Bayu Putra menambahkan, personel yang dikerahkan dalam program PERALIHAN ada empat petugas. 

"Petugas PTSP 1 orang, Dukcapil 1 orang, Sosial 1 orang, dan Kelurahan Mangga Dua Selatan 1 orang," ucapnya. 

Di tempat yang sama, Desi warga RT 13 Kelurahan Mangga Dua Selatan  mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini, jadi lebih cepat. 

"Bagus ya program ini, jadi kita tidak harus datang ke kantor kelurahan, tidak antre juga, dan lebih cepat," ungkapnya.

Untuk Diketahui, inovasi PERALIHAN yang diinisiasi Kelurahan Mangga Dua Selatan akan berlangsung di minggu ke dua dan empat tiap bulannya. Pelayanan buka pukul 09.00-11.00