Pertunjukan Teater Jalasena Laksamana Malahayati Angkat Kisah Heroik Pejuang Perempuan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pertunjukan Teater Jalasena Laksamana Malahayati. Foto: Maulana

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menghadiri Pertunjukan Teater Jalasena Laksamana Malahayati, di Gedung Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jumat (8/9) malam.

Iqbal Akbarudin mengatakan, pertunjukan teater ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut (AL) yang ke-78 di mana dipertontonkan kisah heroik perjuangan  laksamana perempuan pertama di dunia.

"Tercatat perjuangannya pada 11 September 1599 pada saat itu menghadapi pasukan dari Belanda, dan berhasil memukul mundur pasukan belanda serta berhasil membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal," katanya, didampingi Kasuban Kesbangpol Rachmat Hidayat dan Wakil Camat Menteng Agung.

Dalam kesempatan ini, Iqbal juga mengucapkan selamat kepada TNI AL yang berulang tahun ke-78.

"Selamat ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut yang ke-78 semoga makin jaya dan terus menjaga keutuhan NKRI," ucapnya.

Untuk diketahui, Malahayati merupakan wanita dari Kesultanan Aceh Darussalam di abad 16, dan menjadi inspirasi dalam membangun kekuatan maritim Indonesia.

Dalam pertunjukan teatrikal ini sosok Laksamana Malahayati diperankan oleh Marcella Zalianty, sementara Arswendi Bening sebagai Sultan Aceh, Cut Mini memerankan sosok ibu Laksamana Malahayati, dan Teuku Rifnu Wikana sebagai suami Malahayati, serta Aulia Sarah yang memerankan Cut Limpah.

Pertunjukan yang digelar di Graha Bhakti Budaya ini berlangsung selama dua hari 8 dan 9 September 2023. Tanggal 8 diperuntukkan bagi para undangan sedangkan pada tanggal 9 akan ada dua show pada siang dan malam yang diperuntukkan bagi publik.