Pj Gubernur Buka Pencanangan HUT Kota Jakarta di Lapangan Monas

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono secara resmi membuka acara pencanangan HUT Kota Jakarta ke-496. Foto: Dwi Arif

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono secara resmi membuka acara pencanangan HUT Kota Jakarta ke-496 di Monumen Nasional (Monas), tepatnya di sisi Utara Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/5) pagi.

Dalam Pencanangan HUT Kota Jakarta ke-496 ini diikuti sebanyak 500 peserta yang meliputi seluruh wali kota, bupati, camat, dan lurah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

"Bismillahirrahmanirrahim, rangkaian kegiatan HUT ke-496 Kota Jakarta dengan resmi saya canangkan," ungkap Heru dalam sambutannya. 

Heru mengatakan, ada empat alasan acara pencanangan ini digelar di sisi Utara Monas. Pertama, karena merupakan tempat bersejarah berdirinya DKI Jakarta, serta simbol untuk ibu kota. Kedua, karena Monas mencerminkan keterbukaan bagi masyarakat Jakarta maupun masyarakat Indonesia

"Ketiga, ialah alam semesta, kita harus akrab dengan alam semesta, maka kiri-kanan kita ada pohon, ada lainnya, yang memang patut kita lindungi, terakhir yang keempat yaitu, ekosistem. Manusia tidak lepas dari ekosistem, ada pohon, ada sebuah kehidupan, dan hari ini kita melepas burung sebanyak 496 (ekor) dan penanaman pohon di kawasan Monas untuk melestarikan lingkungan hidup," jelasnya.  

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengungkapkan, HUT ke-496 Kota Jakarta tahun ini mengambil tema "Jakarta Jadi Karya Uluntuk Nusantara". Yang memiliki makna bahwa Jakarta siap mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. 

"Jakarta nantinya akan siap mengoptimalkan seluruh sumber daya dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus menjadi barometer serta pemantik bagi daerah-daerah lain di Indonesia," Joko menerangkan.

Acara ini, kata Joko, dilanjutkan dengan pelepasan burung sebanyak 496 ekor dan aksi menanam pohon sebagai dukungan Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. 

"Ketersediaan area terbuka hijau dan ketersediaan tempat-tempat penampungan air saat ini dikawasan Monas sangatlah cukup, dan mendukung keanekaragaman jumlah burung, keragaman vegetasi taman Monas, membuat tempat ini menjadi ruang terbuka hijau yang memiliki letak strategis dalam koridor persinggahan habitat burung," jelasnya.

Untuk diketahui, rangkaian HUT ke-496 Kota Jakarta digelar mulai 21 Mei-22 Juni 2023, dan digelar di beberapa titik, seperti, upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan, upacara peringatan HUT ke-496 Kota Jakarta, dan salah satunya yang tidak kalah penting yaitu, Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Nantinya, rangkaian kegiatan di atas dapat disaksikan melalui kanal youtube Pemprov DKI Jakarta.