Pj Gubernur DKI Tinjau Pemasangan Jaringan Pipa Air Minum di Kebon Kosong

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pj Gubernur DKI Jakarta melakukan peninjauan pemasangan jaringan perpipaan air minum. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajaran Direksi PAM JAYA meninjau pemasangan jaringan perpipaan air minum, di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jumat (24/11) pagi.

Heru mengatakan, penantian warga selama lebih dari 38 tahun untuk memperoleh akses jaringan air minum perpipaan telah usai. Wilayah Kelurahan Kebon Kosong khususnya RW 04 hingga RW 09 selama ini menggunakan air tanah dan air jerigen yang dijual melalui gerobak.

“Sudah 38 tahun warga tidak tersambung air PAM. Saya titip karena sudah tersambung air PAM, untuk menggunakan air dengan bijak dan tidak boros,” kata Heru.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya telah melakukan lebih dari tujuh pertemuan sosialisasi ke warga mengenai proyek pemasangan jaringan air minum perpipaan dan reservoir di Kelurahan Kebon Kosong.

Hingga saat ini, jumlah rumah yang telah menyatakan berminat memiliki sambungan baru PAM JAYA berjumlah 1.125, dari target 2.119 SR atau setara 53 persen yang sudah mendaftar untuk menjadi pelanggan PAM JAYA.

PAM JAYA juga membangun reservoir air dengan kapasitas 200 meter kubik di wilayah Kebon Kosong untuk memaksimalkan suplai air sampai ke rumah pelanggan

Arief juga menyampaikan kepada masyarakat di RW 04 sampai RW 09 Kelurahan Kebon Kosong apabila ingin mendaftar sambungan baru ke PAM JAYA bisa datang langsung ke Kantor Area Bisnis PAM JAYA Sunter atau bisa juga mendatangi langsung stan PAM JAYA di kantor Kelurahan Kebon Kosong.

“Senyum bahagia warga memperoleh air minum perpipaan merupakan tujuan PAM JAYA,” ucap Arief.

Saat ini, lanjutnya, pemasangan pipa jaringan sudah dimulai sejak 1 September 2023 dan sudah ada 20 rumah yang airnya telah mengalir. 

“Sedangkan untuk yang lainnya masih terus akan dikerjakan secara bertahap dan ditargetkan selesai di tahun 2024,” tandas Arief.

Untuk diketahui, kebutuhan jaringan perpipaan air minum di area Kelurahan Kebon Kosong RW 04 sampai RW 09 adalah sejumlah 2.119 Sambungan Rumah (SR) dengan detail:

• RW04: 282 SR, Panjang pipa 1,234 kilometer

• RW05: 330 SR, Panjang pipa 3,273 kilometer

• RW06 dan 07: 431 SR, Panjang pipa 5,714 kilometer

• RW08 dan 09: 1.076 SR, Panjang pipa 7,239 kilometer