Pj Gubernur Meninjau Persiapan KTT ASEAN di Jakarta

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangan pers kepada awak media. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam peninjauan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta pada bulan September mendatang.

Peninjauan lokasi kesiapan venue untuk KTT ASEAN 2023, dimulai dari kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma, Bandara Soekarno-Hatta, dan Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pj Gubernur Heru Budi Hartono mengatakan, jelang KTT ASEAN 2023 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta fokus genjot masalah infrastruktur terlebih jalan raya yang akan dilintasi oleh delegasi negara lain.

"Kita bersama-sama berkeliling untuk mempersiapkan titik-titik jalur nanti di bulan September ada KTT ASEAN, kami berdiskusi yang pertama adalah beautifikasi seluruh jalur-jalur yang akan dilalui delegasi maupun kepala negara," katanya, Sabtu (29/4). 

Heru juga memerintahkan Dinas Bina Marga untuk mengaspal dan merapikan semua jalur di Jalan Thamrin, Jalan Gatot Subroto, serta jalan seputar Gelora Bung Karno.

"Berikutnya adalah titik-titik potensial terhadap iklan luar ruang atau LED bisa dioptimalkan seperti yang diminta Panitia Nasional oleh Ibu Menteri Luar Negeri untuk bisa mempromosikan, menyemarakkan, menggaungkan KTT ASEAN di Jakarta," jelas dia.

"Seluruh LED akan bersamaan memberikan informasi-informasi dan promosi-promosi terkait kegiatan KTT ASEAN 2023," imbuhnya.

Lebih lanjut, Heru juga akan memastikan segera melakukan pembersihan kabel utilitas yang masih terlihat semrawut, terutama di kawasan JCC Senayan yang nantinya dimanfaatkan sebagai lokasi pertemuan.

"Insya Allah bisa ya secepatnya lah ya, makanya sejak dini hari ini kita muter-muter untuk mencari kekurangan yang harus dirapikan. Nanti diatur kesiapan ya, kan masih September kita mulai sekarang," jelasnya.

Heru menuturkan, saat waktunya nanti para pelajar akan dilibatkan untuk menyambut para kepala negara.

"Para pelajar akan mengenakan seragam, ada dan juga pakaian adat dengan membawa bendera merah putih serta bendera anggota ASEAN," tuturnya.

Dalam peninjauan PJ Gubernur juga didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono bersama dengan Asisten Pemerintahan Setda DKI, lima Wali Kota Jakarta dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Bina Marga.