Pj Gubernur: Perkuat Sinergi Bangun Jakarta Sebagai Kota Global

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengelar upacara pengingatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496, di halaman Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/6).

Dalam upacara tersebut dipimpin Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi para wali kota wilayah Administrasi Jakarta dan satu kabupaten, serta para pejabat di wilayah Pemprov DKI Jakarta

Heru menyampaikan, sebagai sebuah kota yang hampir berusia 500 tahun, Jakarta telah menunjukkan karakter dan ketahanan yang luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan.

“Saat memasuki usia ke-496, Jakarta terus berupaya menjadi kota yang tangguh, sejajar dengan kota-kota maju di dunia dan menjadi tuan rumah bagi berbagai perhelatan acara penting berskala internasional,” ujar Heru didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. 

Dia menyampaikan, setelah menyandang status sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta akan bertransformasi menjadi Kota Global yang berperan sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia.

Menurutnya, Jakarta memiliki dampak langsung dan nyata terhadap urusan sosial-ekonomi global. Prioritas pembangunan Jakarta dalam periode 2023-2026 adalah memperkuat peran Jakarta sebagai pusat pertumbuhan Indonesia.

“Komitmen itu tercermin dalam Cita Provinsi Jakarta, yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia. Dengan pengalaman sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dan berdampak bagi pembangunan di daerah-daerah lain di Indonesia,” jelas Heru.

Heru menambahkan, Perayaan HUT DKI Jakarta diawali dengan Pencanangan yang melibatkan pelepasan 496 burung dan penanaman pohon sebagai simbol komitmen Jakarta dalam mendukung pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dengan berorientasi pada lingkungan.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik yang modern dengan pelestarian lingkungan alam,” ucap Heru.

Heru menjelaskan, mengangkat tema 'Jadi Karya untuk Nusantara', dipilih untuk menggambarkan kesiapan Jakarta dalam mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan pembangunan kota dan kesejahteraan masyarakat, serta menjadi pemacu kemajuan bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

Dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga situasi Jakarta tetap kondusif, menghindari provokasi, dan tindakan yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban umum.

“Mari kita menjadikan perayaan HUT ke-496 sebagai kesempatan untuk memperkuat sinergi dalam upaya membangun masa depan Jakarta sebagai Kota Global yang menjadi unsur terdepan dalam kemajuan Indonesia,” tandas Heru.