Posyandu RW 07 Kelurahan Petojo Selatan Hadirkan Ragam Inovasi Bagi Balita

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Posyandu balita di RW 07 Kelurahan Petojo Selatan. Foto: Maulana

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Gambir Weni Andri Ferdian mengapresiasi pelaksanaan pos layanan terpadu (posyandu) di RW 07 Kelurahan Petojo Selatan yang menghadirkan inovasi dengan menyediakan produk Mamalita (Modifikasi Menu untuk Balita), Tamarin (Taman Berinteraktif Anak-anak), dan Jelita (Juru Pemerhati Balita).

"Saya sangat apresiasi pada kader-kader di RW 07 bersama dengan jajaran kelurahan dan puskesmas kelurahan bisa memberikan inovasi Mamalita, Tamarin, serta Jelita," katanya saat meninjau posyandu di RW 07, Kamis (26/1).

"Saya harapkan posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Gambir bisa untuk meniru inovasi seperti ini," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kelurahan Kelurahan Petojo Selatan Hajijah menjelaskan, inovasi-inovasinya tersebut terbukti meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke posyandu.

"Inovasi ini dapat memancing masyarakat agar yang tadinya males ke posyandu jadi mau ke posyandu karena ada Tamarin, untuk menstimulasi anak-anak, sehingga tidak bosen menunggu giliran untuk dipanggil," jelasnya.

Pihaknya, lanjut Hajijah, juga membuka kelas Mamalita yang bertujuan untuk membuat menu olahan makanan bergizi dan disukai anak-anak.

"Secara rutin kurang lebih 70 anak yang rajin datang ke posyandu. Kita juga sudah ada tiga kali pertemuan membuka kelas Mamalita, Alhamdulillah orang tua bagus responnya," tutupnya.