Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Terima Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Bagi Kelompok Rentan dari Menpan RB

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Menpan RB beri penghargaan kepada Puskesmas Kecamatan Tanah Abang. Foto: pusat.jakarta.go.id

Puskesmas Kecamatan Tanah Abang mewakili Kota Administrasi Jakarta Pusat mendapatkan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan yang diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, pada Selasa (21/11) lalu. 

Kelompok rentan yang di maksud ialah lansia, ibu hamil, disabilitas, anak-anak serta korban bencana. Puskesmas Tanah Abang ditunjuk oleh Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta untuk mewakili Jakarta Pusat dalam kategori ini, dengan penilaian akhir pada September lalu. 

“Kita siapkan sarana prasarana sesuai dengan ketentuan Kemenpan RB. Setelah itu ada beberapa kali penilaian online maupun secara langsung. Alhamdulillah hasilnya penghargaan tersebut dapat kita terima,” ungkap Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang dr. Ovi Norfiana.

Kemenpan RB menilai pemenuhan fasilitas untuk parkir disabilitas dengan penanda parkirnya, penunjuk jalan untuk tunanetra, pegangan rambat untuk pasien lansia maupun tunanetra, penyesuaian tinggi meja layanan dan wastafel bagi pengguna kursi roda, ruang tunggu khusus pasien prioritas dan ruang tunggu pasien pengguna kursi roda. Selain itu, pemenuhan fasilitas di lift juga menjadi penilaian seperti, liftnya dilengkapi mode suara dan alat bantu braile sebagai penunjuk lantai. 

Atas perolehan penghargaan ini, lanjut Ovi, pihaknya akan terus memberikan pelayanan yang prima terlebih untuk kelompok rentan dan lebih peduli terhadap pelayanan pasien kelompok rentan.

“Jadi semua lebih jelas dalam hal memaksimalkan pelayanan, terlebih kami juga berkolaborasi dengan SLB 03 Kecamatan Tanah Abang untuk pembelajaran bahasa isyarat bagi pegawai puskesmas. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap pasien disabilitas,” imbuhnya.

Ovi mengungkapkan, banyak pasien yang datang ke Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, untuk lansia dalam sehari sekitar 70-80 pasien, begitu pula untuk pasien anak-anak, dan ibu hamil, cukup ramai pada tiap harinya. Ia berharap layanan Puskesmas Kecamatan Tanah Abang akan terus meningkat bagi semua warga.