Sekko Buka Diskusi ASN Bijak Bermedia Sosial

Reporter: Alya Pravita/Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko buka Focus Group Discussion. Foto: Angga Rizkyanda

Inspektur Pembantu (Irbanko) dan Bagian Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bertema "ASN Bijak Bermedia Sosial dalam Rangka Menjaga Etika dan Netralitas".

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin yang membuka FGD ini meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Pusat mendapatkan informasi dan edukasi terkait etika dan netralitas dalam penggunaan media sosial.

"FGD ini juga untuk memperkuat ASN agar tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya, tidak terpengaruh terkait media sosial yang ada digenggaman mereka setiap saat dan tidak terpengaruh untuk terkontaminasi, terprovokasi, maupun dalam hal-hal lainnya. Sehingga, dapat  terhindar dari perseteruan dengan user baik itu SARA, politik, maupun flagship," katanya, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (21/6).

Terlebih memasuki tahun politik, Iqbal menegaskan bahwa ASN tidak diperkenankan untuk memihak atau berafiliasi kepada salah satu organisasi tertentu terkait dengan seluruh peserta pemilu ataupun seluruh personil politisi yang ada untuk menampilkan sikap politik.

"Saya berharap para ASN bersikap netral dalam pelaksanaan tugas di tengah masyarakat terlebih memasuki tahun politik," ucapnya.

Iqbal mengatakan bahwa hasil FGD nantinya akan dikompilasi dan dibuat analisis oleh bagian hukum.

Iqbal berharap, pelaksanaan FGD dapat dipatuhi oleh para ASN. "Ini jadi salah satu media yang akan kita teruskan akan kita sosialisasikan, kita edukasikan kepada seluruh ASN yang ada di Jakarta Pusat agar kedepannya ini benar-benar dipatuhi dari pedomannya," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan FGD ber-medsos secara beretika dan netralitas dilaksanakan secara bertahap. Pada hari ini Rabu (21/6) terlaksana untuk empat kecamatan di Jakarta Pusat, dan FGD pada empat kecamatan lainnya akan dilaksanakan pada esok hari.