Sekko Hadiri Diskusi Properti dan Peluncuran Buku

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto. Foto: Maulana

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menghadiri acara Diskusi Properti bertajuk "Kontribusi Industri Properti Bagi Perekonomian Nasional" dan Peluncuran Buku "Membangun Indonesia Melalui Industri Properti" di Menara Kompas, Jalan Palmerah Selatan, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (10/4).

Dalam kesempatan ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dalam sambutannya melalui video konferensi mengatakan, industri properti menjadi salah satu leading sektor yang mampu menggerakkan perekonomian negara.

Menurutnya, saat ini industri properti bukan hanya sekedar real estate atau perumahan. Namun, juga kawasan komersial, Superbloc Transit Oriented Development (TOD), kawasan industri, kawasan ekonomi bisnis, dan kawasan pariwisata.

"Kebangkitan properti telah membuka kesempatan masyarakat di berbagai sektor dan menggerakkan paling sedikit 175 multiplier effect. Sehingga, mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Sementara itu, Sekko Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengungkapkan dari pemaparan yang disampaikan oleh pak menteri bahwa industri properti dapat menjadi barometer pertumbuhan perekonomian bagi suatu wilayah, daerah bahkan negara.

"Secara makro pergerakan perindustrian properti yang berkembang perlu adanya pemetaan dan regulasi dari pemerintah terkait penggunaan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Tadi disebutkan dari SDM ada 13,9 juta tenaga kerja yang ikut dalam bagian industri properti ini," ungkapnya.

Iqbal menuturkan, secara mikro industri properti juga mampu mendorong perekonomian bagi masyarakat bawah.

"Bukan hanya membangun wilayah kosong menjadi sebuah properti tetapi ada kegiatan pemeliharaan, perawatan,  dan memperindah properti yang sudah ada. Sehingga, ada peluang bagi industri kecil untuk memenuhi kebutuhan tersebut," tuturnya.

"Ini suatu peluang yang harus kita baca, dari aspek pertumbuhan perekonomian kerakyatan sejalan dengan beberapa pengampu Jakpreneur agar ikut turut ambil bagian," imbuhnya.

Dalam kegiatan ini Sekko didampingi Kepala Bagian Perekonomian Setko Administrasi Jakarta Pusat M Yasin Pasaribu dan Lurah Gelora Nurul Huda.