Sudin KPKP Gandeng Komunitas, Gelar Vaksinasi Rabies di Lapangan Banteng

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksin HPR di Lapangan Banteng. Foto: Maulana

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama Komunitas Pecinta Kucing Sehati (KPKS) dan Klinik eMYe menggelar vaksinasi rabies gratis, serta silaturahmi para pecinta hewan di Taman Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Minggu (5/3).

Kepala Dinas (Kadis) KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies bersama komunitas.

"Hari ini target 200 hewan penular rabies (HPR) yang akan dilakukan vaksinasi.  Selain vaksinasi, hari ini juga akan dilakukan pengobatan dan pelatihan-pelatihan dan atraksi untuk menimbulkan minat masyarakat memvaksin binatang peliharaannya," katanya.

"Tadi ada juga yang datang dari luar Jakarta dan harus kita layani karena, Jakarta dikelilingi daerah-daerah yang saat ini belum bebas rabies," imbuhnya.

Eliawati menuturkan, selain vaksinasi berulang untuk mempertahankan Jakarta bebas rabies Dinas KPKP juga memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat Jakarta melalui sterilisasi, serta pemahaman street feeding (kegiatan memberikan makan kepada hewan liar atau hewan jalanan yang tidak berpemilik).

"Dengan banyaknya komunitas yang ikut akut andil mudah-mudahan dapat mempercepat program kita untuk mengendalikan populasi hewan penular rabies," tuturnya.

Eliawati pun mengaku terbuka untuk komunitas lain yang ingin mengadakan kegiatan serupa.

"Silahkan saja datang ke kantor wali kota, kita mempunyai Sudin KPKP atau bisa datang langsung ke Dinas KPKP, pada prinsipnya Pemprov DKI Jakarta membuka kesempatan untuk bergotong royong mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies," ucapnya.

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menyambut baik kegiatan ini, dan mengimbau kepada seluruh masyarakat khusunya Jakarta Pusat untuk memvaksin hewan peliharaannya.

"Sudin KPKP juga berkeliling di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat untuk melakukan vaksinasi rabies gratis agar hewannya dan pemiliknya sehat serta bebas rabies, mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies," ungkapnya.

Dia pun meminta Sudin KPKP terus memprakarsai kegiatan kolaborasi bersama komunitas-komunitas lainnya.

"Semakin banyak kegiatan kolaborasi ini semakin bagus untuk memudahkan masyarakat seperti, pada minggu pagi ini. Banyak masyarakat yang datang ke Lapangan Banteng membawa hewan peliharaannya untuk divaksin," ujarnya.

"Untuk masyarakat yang punya hewan peliharaan dan belum divaksin segera lakukan vaksin agar pemilik dan hewannya tetap sehat, jadwal vaksinasi bisa lihat di instagram Sudin KPKP. Kita harus sayangi hewan," tutupnya.