Sudin KPKP Jakpus Gelar Vaksinasi Rabies di RW 03 dan 04 Cikini

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksin rabies. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Guna menciptakan lingkungan yang sehat, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan vaksinasi rabies secara gratis.

Kali ini berlokasi di RW 03 dan 04 Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/3). Dan ada sebanyak enam petugas dikerahkan untuk membantu proses vaksinasi rabies ini.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Menteng Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Teguh Kurniawan mengatakan, ini merupakan agenda rutin tahunan dari Sudin KPKP dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta bebas dari penyakit rabies.

“Total untuk hari ini ada sebanyak 50 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) yang divaksin, 41 ekor kucing dan 9 ekor anjing,” tuturnya.

Untuk tempat pelaksanaannya, lanjut Teguh, berada di pos RW 03 dan berlanjut jemput bola di rumah warga yang memiliki anjing di RW 04.

“Warga cukup antusias dengan membawa binatang peliharaannya langsung ke lokasi, kemudian tadi juga diberi pengetahuan tentang penyakit rabies. Selain itu, ada juga yang diberi bantuan makanan hewan sebagai bentuk apresiasi kepada warga,” jelasnya.

Sebagai informasi, untuk esok hari Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat masih berlanjut melaksanakan pelayanan vaksin rabies di Kelurahan Cikini yakni, di RW 01 dan bawah rel RW 05.