Tiga Siswi Jakpus Sukses Raih 10 Medali World Scholar's Cup

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Tiga siswi peraih medali. Foto: istimewa

Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya namun, juga sumber daya manusianya. Prestasi yang dicapai anak muda Indonesia juga patut diacungi jempol.

Mengharumkan nama Indonesia dan berhasil meraih prestasi di kancah internasional menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi setiap anak muda Indonesia.

Hal ini juga dirasakan oleh ketiga siswi SMA 68 Jakarta yaitu, Lovyen Rebekecya Panjaitan, Rachel Theofanny Simanjuntak, dan Tere Neryssa Elaspree Siregar yang telah berhasil meraih prestasi di level internasional dalam ajang kompetisi World Scholar's Cup (WSC) Tournament of Champions 2023 yang berlangsung pada 2-8 November 2023 di Yale University, Amerika Serikat dan diikuti 45 negara dengan jumlah 1.600 peserta.

Ketiga siswi tersebut berhasil meraih 10 Medali yaitu, 2 emas dan 8 perak dalam Kompetisi World Scholar’s Cup Tournament of Champions 2023 yang bertema Reconstructing the Past, di mana dalam tiap kategori lomba peserta diminta untuk mengekpresikan diri tentang isu-isu perkembangan teknologi terkini dengan membandingkannya dengan masa lalu.

Rachel Theofanny Simanjuntak mengaku senang dan bangga karena berhasil meraih medali di kompetisi yang memang menjadi impiannya sejak SMP.

Ia menceritakan saat SMP dirinya tertarik mengikuti WSC karena melihat dari salah satu platform sosial media yaitu tiktok. Mulai dari situ Rachel mencari tahu lebih jauh tentang lomba WSC namun saat itu belum memiliki tim.

"Waktu itu belum dapet tim di SMP jadi akhirnya pas di SMA ini aku ajak kedua temen aku ini Kecya dan juga Tere. Puji Tuhan bisa dibilang lumayan sukses untuk orang-orang yang kebetulan baru awal nyoba juga ya. Perasaan pas dapet berapa medal yang bisa gold medal sama silver medal di Amerika bangga banget, karena ini itu bener-bener gabungan dari semua global round. Jadi pasti kompetisinya lebih ketat, untuk mendapat gold medal, dan juga silver medal udah bersyukur banget," ucapnya.

Perjalanan ketiga siswi kelas XI SMA 68 Jakarta Pusat sebelum meraih 10 medali di World Scholar's Cup (WSC) Tournament of Champions tersebut cukup fantastik karena sebelumnya dalam babak regional yang berlangsung di Jakarta ketiganya juga berhasil mendapat 10 medali yaitu, 6 emas dan 4 perak begitupula di babak Global Round  yang berlangsung di Bangkok berhasil membawa 10 medali yang terdiri dari 5 emas dan 5 perak.

"Di regional round pada bulan mei persiapan kami benar-benar mepet hanya seminggu sebelum pertandingan tapi bisa dibilang lumayan sukses untuk orang-orang yang kebetulan baru awal nyoba. Dari regional masuk ke global round di Bangkok di bulan September, terus global round surprisingly masuk lagi Tournament of Champions dan mendapat 10 medali," ucap Tere.

Hal senada juga diungkapkan, Kecya yang merasa puas dengan apa yang mereka raih karena selain medali, mereka juga mendapat banyak pengalaman dan pertemanan saat mengikuti WSC 2023.

"Banyak Pengalaman sih melihat betapa hebatnya peserta-peserta lain, kita juga udah bisa mendapat banyak pengalaman kalau ngomong sama mereka juga. Jadi relasi juga lebih banyak sama wawasan kita tentang negara lain juga lebih luas. Seperti saat scholars ball di situ aku dapet pengalaman kalau misalnya ya harus have fun juga jangan cuma belajar terus, harus berinteraksi," ungkapnya.

Ketiganya pun berterima kasih kepada orang tua, sekolah, dan teman-teman yang telah mendukung hingga berhasil meraih kesuksesan ini dan berharap ada yang menjadi meneruskan serta mengikuti jejak mereka.

"Semoga mereka yang lihat kita yang ikut lomba ini jadi termotivasi untuk mau ikut juga lomba-lomba kaya gini karena kalau dilihat cukup jauh ya kita bisa perginya sampai ke Amerika, jadi semoga ada penerus kita untuk kedepannya," harapnya.

Kesuksesan yang ditorehkan ketiganya juga menjadi sebuah kebanggan sekolah SMAN 68 Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Trawati yang merupakan Wali Kelas dan Rahma Fadilah Coach yang juga guru bahasa Inggris ketiga siswi tersebut mengaku bangga murid-muridnya mampu berprestasi di kancah internasional.

"Kami dari pihak sekolah tentunya bangga, terutama saya sebagai guru bahasa Inggrisnya bangga karna mereka bisa mengaplikasikan apa yang sudah kita pelajari selama ini di dalam bahasa Inggris digunakan secara maksimal di luar sana apalagi bisa memenuhi impian mereka untuk mengikuti perlombaan dan bisa menjadi juara, itu kami bangga sebagai pihak sekolah bisa mendukung mereka mengejar cita-citanya," ucap Rahma.

"Mereka semua termasuk anak yang cerdas dan aktif di bidang OSIS bahkan semua kegiatan. akademiknya bagus dan non akademiknya bagus. Saya sangat bangga dan apa lagi mereka bisa membawa nama baik sekolah ini," ujar Trawati menambahkan.

Keduanya pun berharap ketiga siswi ini semakin sukses dan keberhasilan ini bisa menjadi motivasi bagi ketiganya dalam meraih lomba lainnya baik nasional maupun internasional dan dapat mengetuk tularkan kesuksesan ini kepada teman-tamannya ataupun adik-adik kelasnya.

"Harapannya buat mereka bertiga, semoga mereka bisa sukses, sukses secara akademis dan non akademis sesuai dengan moto sekolah, disiplin, kreasi, dan prestasi semoga mereka semakin sukses kedepannya," ujar keduanya.

Untuk diketahui, kompetisi WSC ini menjadi ajang bergengsi teratas di bidang akademik karena seluruh pelajar diberbagai negara berkumpul untuk uji kecerdasan dan wawasan dengan menggunakan bahasa inggris.

Tournament of Champions di Yale merupakan babak final dari kompetisi World Scholar's Cup. Di mana, seluruh finalis kualifikasi putaran global dari Indonesia, Doha, London, Seoul, Australia, Xiamen, dan Bangkok.

Ada banyak lomba yang dikompetisikan seperti, Team Debate yaitu di lomba debat Bahasa Inggris, Writing Challenge yaitu lomba menulis esai. Kemudian lomba Challenge Subjects yaitu lomba menjawab soal-soal pilihan ganda yang subjeknya sudah di tentukan seperti sejarah, sains, seni, musik, dan teknologi, adapun bidang Team Bowl yang serupa cerdas cermat.

Berikut Prestasi ketiganya dalam World Scholar's Cup 2023.

REGIONAL:
-3 Gold Team Debate
-1 Gold Individual Debate
-1 Gold Individual Writing
-1 Gold Best Student Per Delegation
-1 Silver Individual Debate
-3 Silver Team Bowl

GLOBAL:
-3 Gold Team Debate
-2 Gold Individual Debate
-1 Silver Individual Debate
-3 Silver Team Bowl
-1 Silver Individual Writing

TOURNAMENT OF CHAMPIONS:
-1 Gold Individual Debate
-1 Gold Individual Writing
-3 Silver Team Bowl
-2 Silver Individual Writing
-3 Silver Team Writing