Tingkatkan Gizi Anak, Puskesmas Sawah Besar Akan Bagikan 550 Kilogram Telur

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Kepala Puskesmas Kecamatan Sawah Besar dr. Lusi Widiastuti. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Puskesmas Kecamatan Sawah Besar akan memberikan sebanyak 550 kilogram telur bagi anak yang memiliki persoalan gizi untuk meningkatkan protein. 

Kepala Puskesmas Kecamatan Sawah Besar dr. Lusi Widiastuti menjelaskan, nantinya satu anak mendapatkan 1,5 kilogram telur, dua minggu sekali bagi 231 anak di seluruh wilayah Kecamatan Sawah Besar pada bulan November hingga Desember 2023. Pemberian telur ini akan didistribusikan setelah pengesahan Anggaran Perubahan APBD.

"Dengan pemberian protein ini diharapkan anak-anak yang mulai bermasalah pada gizi tidak terjatuh dalam kondisi stunting," katanya usai Rembuk Stunting, di Aula Kantor Kelurahan Karang Anyar, Jakarta Pusat, Jumat (3/11). 

Menurutnya, persoalan kesehatan pada anak di wilayah Kecamatan Sawah Besar dibutuhkan semangat bersama dalam penurunan persoalan stunting. 

"Stunting tidak bisa hanya diatasi oleh pihak kesehatan dan pemerintah tetapi partisipasi warga termasuk lintas sektor lainnya dalam perbaikan lingkungannya" ucapnya. 

"Kita juga selalu mengajak para orang tua untuk membawa anaknya secara teratur menimbang dan mengukur tinggi badan di posyandu supaya bisa terdeteksi sebelum terjadinya stunting, serta memberikan protein berkerja sama dengan pihak kelurahan, warga, dan para donasi," imbuhnya. 

Sementara itu, Lurah Karang Anyar Lingga Pratama mengatakan, pemberian telur akan disalurkan kepada kader posyandu, mereka nanti memberikan langsung kepada anak yang mulai bermasalah gizi. 

"Pemberian telur ini sangat bagus bagi tumbuh kembang protein pada anak. Diharapkan anak yang mulai bermasalah pada gizi tidak terjatuh dalam kondisi stunting," tandasnya.