TP-PKK Sosialisasikan Pembelajaran Holistik Integratif

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi pembelajaran holistik integratif. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pembelajaran holistik integratif merupakan model pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, melalui kegiatan bermain yang sekaligus merupakan proses belajar bagi anak didik. Proses pembelajarannya menekankan pada aktivitas pembelajaran berpusat pada anak.

Untuk itu, TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi Guru SPS (Satuan PAUD Sejenis), TK (Taman Kanak Kanak), dan RA (Raudatul Athfal) dalam melaksanakan pembelajaran holistik integratif.

Wakil Ketua 2 TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Herliana mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Bunda PAUD Kecamatan Cempaka Putih terhadap pendidikan anak usia dini di wilayahnya.

"Kita ketahui bersama bahwa anak PAUD itu merupakan the golden age atau usia emas. Karena di dalam anak usia dini tersebut itu ada namanya golden periode, jadi di mana pertumbuhan dan perkembangan anak-anak ini sangat signifikan, terutama dalam perkembangan otak," kata Herliana, di Aula Kantor Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (6/2).

Oleh sebab itu, lanjutnya, pelayanan yang diberikan untuk anak anak usia dini itu harus secara holistik, mengandung unsur kesehatan, pendidikan, gizi, pengasuhan, dan perawatan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Cempaka Putih Rachmawati berharap seluruh materi kegiatan yang disampaikan dapat diimplementasikan di semua lembaga.

"Saya bangga dan senang sekali bisa merangkul semua lembaga yang ada di wilayah kami mulai dari SPS, TK, dan RA. Semoga dengan cara ini menjadikan anak-anak sehat dari segi perkembangan dan pertumbuhan, sehingga menjadi generasi penerus yang berkualitas," tandasnya.