Wali Kota Jakpus Hadiri Pemecahan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri acara pemecahan rekor dunia pergelaran angklung. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri acara pemecahan rekor dunia pergelaran angklung terbesar, di Gelora Bung Karno (GBK), Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8) malam. 

Acara yang menampilkan 15.110 pemain angklung dengan bermain selama 7 menit ini dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta istri.

Dhany Sukma mengatakan, dirinya sangat terharu sekali bisa hadir dalam pemecahan rekor dunia yang sebelumnya juga dimiliki Indonesia dengan jumlah pemain 5.000 dan sekarang ini tiga kali lipat yaitu 15.110 pemain.

“Ini cukup membanggakan sekali, karena Jakarta Pusat ikut terlibat dalam pemecahan rekor dunia ini, ada kader PKK, Dharmawanita, dan juga siswa-siswi sekolah yang ada di Jakarta Pusat,” ucapnya.

Dhany menambahkan, posisi Jakarta Pusat yang menjadi poros ibu kota menghasilkan berbagai kegiatan di Jakarta Pusat. Selain kegiatan ini, besok juga menyambut HUT RI akan diadakan kegiatan Istana Berkebaya dengan menampilkan sekitar 30.000 wanita yang akan mengenakan kebaya di Istana Negara.

Wali kota juga berharap dengan banyaknya kegiatan di Jakarta Pusat, dapat meningkatkan prestasi yang lebih tinggi lagi dengan mengedepankan peran perempuan dan juga nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia. Supaya karakteristik bangsa Indonesia memiliki budaya yang kuat, makanya dibutuhkan partisipasi dari masyarakat yang masif dan kolektif.

“Tadi saya ikut bermain angklung juga, karena sudah ada panduannya, jadi tinggal ikutin irama yang ditentukan aja,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan artis ibu kota yaitu, Kahitna dan Salma Salsabil ‘Aliyyah, pemenang ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2023.