Wali Kota Minta Fokus Pada Titik dan Lintasan Penilaian Adipura

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Koordinasi persiapan jelang verifikasi lapangan. Foto: Yoga Magang

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, dalam upaya mempertahankan Piala Adipura salah satu upaya yang harus dilakukan ialah melihat perkembangan titik lokasi yang akan dikunjungi Tim Verifikasi Lapangan (Verlap).

“Kita ingin lebih fokus pada titik-titik penilaian adipura dan juga lintasan-lintasan. Untuk itu perlu dipersiapkan dengan baik dan maksimal,” katanya, usai mengumpulkan para camat, lurah serta kepala OPD terkait guna membahas segala persiapan jelang verifikasi lapangan, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (12/10). 

Terutama, lanjut Dhany, untuk pasar-pasar perlu usaha yang besar dalam penataannya, terutama dalam pengelolaan sampahnya. 

"Sampah pasar kan produksinya cukup tinggi sehingga mesti kita tingkatkan pada hal tersebut, nantinya dari sampah bisa menjadi berkah," ucapnya. 

Wali kota juga mengingatkan para camat, lurah serta pimpinan OPD terkait agar dapat turun kelapangan serta saling berkolaborasi untuk memastikan titik-titik yang nantinya akan di verlap apakah sudah sesuai prosedur penilaian atau belum.

“Jangan ada ego sektoral, mari kita bangun kolaborasi yang baik, ini sebetulnya kegiatan rutinitas dari masing-masing perangkat, kebersihan, kerapian, penghijauan, dan lain sebagainya. Namun, sekarang ada maksud dan tujuannya yaitu untuk adipura,” jelasnya.

Dhany mengaku optimis dengan semangat kebersamaan, semangat yang kuat, dan komitmen yang baik dari semua pihak di wilayah Jakarta Pusat untuk dapat menghadapi Adipura Tahun 2023 dengan baik.

Sementara itu, Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi menerangkan, nantinya tim penilai terdiri dari 4 orang, yaitu 2 dari Kemen LHK dan 2 lagi dari Dinas LH DKI Jakarta.

Menurutnya, untuk lokasi penilaian di Jakarta Pusat sebanyak 110 titik, namun yang pasti akan didatangi oleh tim penilai sebanyak 70-80 titik.

Insya Allah Verlap akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Oktober 2023 mendatang, dan untuk di Jakarta Pusat tim penilai akan melakukan selama 3 hari, jadi berakhir di tanggal 18 Oktober 2023,” tutupnya.