Wali Kota Serahkan Kunci Hasil Program Bedah Rumah Baznas Bazis di Kelurahan Karang Anyar

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan pemotongan pita peresmian bedah rumah di wilayah Kelurahan Karang Anyar. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma serah terima bantuan program bedah rumah Tahun 2023 dari Baznas Bazis kepada Dini Yolanda warga Jalan D No. 2, RT 016/001, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar. Kamis (14/12).

Dhany mengatakan, program ini dapat terlaksana berkat pengumpulan dana zakat dan Infak dari warga masyarakat yang secara kolektif dikumpulkan melalui RT/RW.

"Ini dapat terlaksana berkat dana zakat yang dikumpulkan masyarakat juga dari donatur dan ASN di wilayah Jakarta Pusat," ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Dhany, sebagai wujud pendayagunaan zakat dan bukti konkrit bagaimana dana zakat, Infak, dan sedekah dapat bermanfaat dalam menata lingkungan serta rumah warga.

"Alhamdulillah dari target sebanyak Rp28 miliar sudah tercapai Rp23 miliar, jadi dana yang dikumpulkan oleh masyarakat kita kembalikan lagi ke masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna menjelaskan, sepanjang tahun 2024 pihaknya telah melakukan perbaikan pada 52 rumah warga di Jakarta Pusat.

"Targetnya 70 rumah, tapi yang terealisasi ada 52 rumah, karena 18 rumah statusnya bermasalah jadi tidak bisa kita lakukan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Pemilik Rumah  Dini Yolanda merasa bersyukur menjadi bagian pada program bedah rumah kali ini. Dini mengaku rumahnya mengalami kerusakan yang cukup parah lantaran kebakaran yang terjadi pada Maret 2023 lalu.

"Waktu bulan Maret kebakaran, senang sekali saya bisa ikut program bedah rumah ini. Jadi rumah saya bisa layak untuk dihuni kembali," ucapnya.

"Terima kasih pada Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat, lurah, camat, Baznas Bazis, dan masyarakat yang membantu memperbaiki rumahnya menjadi layak untuk ditempati," tandasnya.