Wawali Buka Bimtek Aplikasi SITAB Pemilu 2024

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir. Foto: Malik Maulana

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat menggelar bimbingan teknis (bimtek) penginputan dan penggunaan aplikasi SITAB (Sistem Informasi Pertanggungjawaban Anggaran Badan Adhock) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Bimtek ini dibuka Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (11/8).

Chaidir mengatakan, bimtek ini berkaitan dengan sistem aplikasi keuangan dalam pelaksanaan pemilu 2024 . 

"Tujuannya agar di dalam implementasi pelaksanaan anggaran pemilu 2024 khususnya di wilayah Jakarta Pusat dapat terlaksana dengan akuntabilitas, integritas, dan transparansi. Sehingga, tidak ada hal yang tidak sesuai prosedur," katanya. 

"Saya juga berharap pemilu dapat berjalan dengan lancar dan akuntabilitas terhadap pengelolaan uang bisa berjalan secara transparan serta profesional," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jakarta Pusat Efnidiansyah menjelaskan, aplikasi ini dibuat oleh KPU RI untuk mengolah anggaran Badan Adhock dalam kepemiluan supaya transparan dan akuntabel. 

Menurutnya, adanya sosialisasi aplikasi SITAB dapat menciptakan pemilu yang berintegritas dan semua tahapan pemilu 2024 mendatang dapat berjalan dengan baik.

"Tujuannya tidak lain memastikan tahapan pemilu berjalan dengan baik yang pada akhirnya kita memilih pemimpin dengan pemilu yang berintegritas," ucapnya. 

Untuk diketahui, bimtek ini dilakukan untuk mengolah anggaran Badan Adhock agar transparan dan akuntabel sesuai dengan keputusan KPU Nomor 53 Tahun 2023 tentang Juknis Penyaluran dan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Tahapan Pemilu Bagi Badan Adhock.

Pada bimtek ini, diikuti Badan Adhock, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Jakarta Pusat. Materi langsung diberikan oleh KPU RI, agar para peserta mendapat bekal informasi cara penggunaan aplikasi SITAB dengan baik.