Wawali Buka Seminar Peningkatan Peran Ormas Dalam Pembangunan

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir. Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengundang lima organisasi masyarakat (ormas) dalam seminar untuk bekal dalam berorganisasi.

Seminar tersebut mengangkat tema "Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Pembangunan yang dibuka oleh Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (25/5).

Chaidir mengatakan, ormas memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan persoalan di Jakarta Pusat ini tidak mungkin bisa diselesaikan oleh pemerintah sendiri, perlu dukungan sinergitas yang baik dari unsur kemasyarakatan termasuk ormas. 

Untuk itu, Chaidir meminta kepada lima ormas yang hadir dapat membantu menjalankan program pemerintah. 

"Saya berpesan agar anggota ormas harus bisa menempatkan diri di masyarakat, dan membantu pemerintah dalam pembangunan termasuk menjaga keutuhan NKRI,” katanya. 

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Pusat Immanuel Manapa mengatakan, dalam kesempatan ini mengundang lima ormas yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

“Jadi hari ini kami mengundang anggota ormas kurang lebih sebanyak 100 peserta untuk hadir dalam kegiatan ini. Terdiri dari anggota DPD Kota Administrasi Jakarta Pusat, Barisan Muda Kasgoro 1957, DPC Himpunan Pa-Pi Keluarga Angkatan Darat, DPD Jakpus LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia, Pengurus Kota Senkom Mitra Polri, Forum Komunikasi Keluarga Purnawirawan Baret Merah DPC Kotamadya Jakarta Pusat,” ucap Immanuel.

Immanuel juga berharap, setelah acara ini selesai, para ormas mempunyai bekal dalam berorganisasi dan bisa berbaur dengan masyarakat.

“Ini sekaligus pembinaan bagi para ormas, untuk dijadikan bekal mereka agar bisa berbaur dan menyatu dengan masyarakat serta membantu pemerintah dalam proses pembangunan wilayah,” ucap Immanuel.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini juga terdapat pemaparan materi yang diisi oleh beberapa narasumber dari Nieke yang mengisi materi yang bertema Peran ormas dalam merajut kebhinekaan pada era global untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Sementara Hamry Gusman Zakaria MM mengisi materi dengan tema peran ormas dalam mendorong literasi media bagi masyarakat.