186 Peserta Meriahkan Gebyar RPTRA DKI Jakarta 2024

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Gebyar RPTRA di RPTRA Borobudur. Foto: Malik Maulana

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menggelar kegiatan Gebyar RPTRA Tingkat Provinsi Tahun 2024 yang akan berlangsung selama dua hari mulai Kamis (29/8) hingga Jumat (30/8).

Sekretaris Dinas PPAPP DKI Jakarta Marini Sri Indraswari mengatakan, Gebyar RPTRA merupakan agenda rutin tahun yang dilaksanakan secara berjenjang. Para peserta Gebyar RPTRA Tingkat Provinsi ini merupakan hasil dari lomba yang telah diselenggarakan dan mewakili Tingkat Kota.

"Kegiatan Gebyar RPTRA diisi sejumlah lomba yang diikuti total sebanyak 186 peserta dengan jumlah pendamping sebanyak 70 orang," katanya, di RPTRA Borobudur, Kamis (29/8).

Marini menerangkan, sebanyak 186 peserta itu terdiri dari 60 orang peserta lomba kinerja pengelola RPTRA dan 18 peserta lomba masing-maisng untuk kategori mewarnai anak serta menyusun Lego anak. Lalu sebanyak 30 orang peserta lomba menari anak dan 60 orang peserta futsal anak.

Dia menambahkan, pelaksanaan kegiatan Gebyar RPTRA Tahun 2024 digelar di dua lokasi yakni, Kantor Dinas PPAPP DKI Jakarta, Jalan Cempaka Putih Timur dan RPTRA Borobudur, Jalan Borobudur RT 09/02 Kelurahan Pegangsaan, Menteng.

"Lomba kinerja pengelola RPTRA terkait dengan implementasi program biro Kesos, pemerintahan, DPPAPP, KPKP, Kebudayan, Pendidikan serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Pora) DKI Jakarta," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Mirdiyanti menegaskan, RPTRA bukan sekedar fasilitas publik yang disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bagi warga. RPTRA menurutnya merupakan wujud komitmen Pemprov DKI Jakarta mewujudkan Jakarta sebagai kota layak anak.

"RPTRA adalah tempat di mana seluruh elemen masyarakat berkumpul, berinteraksi dan berkembang bersama. Terima kasih Dinas PPAPP dan TP PKK DKI Jakarta yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," ujarnya.

Menurut Mirdiyanti, Gebyar RPTRA ini merupakan wujud apresiasi dan dukungan semua pihak terhadap eksistensi RPTRA serta peran para pengelolanya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga kegiatan ini bisa memberikan semangat baru pada pengelola RPTRA untuk terus berkontribusi menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tertib bagi seluruh warga Jakarta," tandasnya.