3.864 Peserta Ikut Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2024

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Seleksi kompetensi daerah Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2024. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati membuka pelaksanaan seleksi kompetensi daerah Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2024. 

Pelaksanaan seleksi ini dibuka mulai tanggal 16 hingga 22 Oktober serentak semua wilayah DKI Jakarta. Untuk seleksi wilayah Jakarta Pusat pada hari ini sebanyak 900 peserta dengan terbagi tiga sesi mengikuti tes. Waktu yang diberikan untuk mengisi Computer Assisted Test (CAT) selama 100 menit.

"Pada saat diberikan tugas oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menjadi salah salah satu lokus (lokasi khusus) sebagai tuan rumah berusaha untuk memberikan dan memfasilitasi seluruh peserta dengan baik, mulai dari penyajian air minum hingga posko kesehatan," kata Ani, di Kantor Dinas Kesehatan Auditorium AGD, Lantai 8, Jalan Kesehatan Petojo Binatu Raya, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/10).

Menurutnya, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan rangkaian yang harus dilalui oleh para peserta terdiri dari tiga materi yaitu, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Anak-anak kita sedang berjuang jadi saya berusaha memberikan semangat karena setiap mengikuti ujian pasti ada kata-kata kunci bahwa kita harus fokus, ini kan ujiannya bersifat CAT yang harus cepat, membaca, berfikir, dan cermat," imbuh Ani. 

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kepegawaian Kota Administrasi Jakarta Pusat Heri Dianto mengatakan, sebanyak 3.864 peserta dan 4 difabel mengikuti tes seleksi calon ASN yang di selenggarakan mulai tanggal 16 hingga 19 Oktober 2024.

"Pelaksanaannya dimulai pada tanggal 16 sampai 19 Oktober selama empat hari, khusus hari ini dilakukan tiga sesi sedangkan besok hingga Sabtu empat sesi dengan durasi persesi 100 menit berakhir pada pukul 17.10 WIB," jelas Heri. 

Untuk transparansi dan akuntabilitas seleksi berbasis CAT, lanjut Heri, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan media live score secara real time yang akan ditayangkan melalui kanal youtube official BKN dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.

"Tahapan selanjutnya, selesai dari ujian ini akan dirangking dan jika lolos akan ada tahap selanjutnya yang akan diumumkan kembali, saya berharap dengan menjaring anak muda, kapasitas ASN dapat lebih baik," tutupnya.