40 Anak di Petojo Selatan Diberikan Imunisasi Polio

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian imunisasi polio di Petojo Selatan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Vaksin polio yaitu, suntikan untuk melindungi seseorang dari infeksi virus polio. Dengan pemberian vaksin, tubuh dapat memproduksi zat pelindung (antibodi) yang akan mencegah seseorang tertular penyakit ini.

Seperti yang dilakukan, tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Gambir dengan melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio kepada 40 anak di Kantor Sekretariat RW 05, Jalan Persatuan Guru, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (24/7).

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Petojo Selatan Febri mengatakan, pelaksanaan imunisasi akan dilaksanakan dalam dua dosis.

"Sasaran kita ada 40 anak yang akan diberikan imunisasi polio. Pemberian imunisasi ini akan berlangsung dalam dua dosis. Dosis pertama akan berlangsung dari tanggal 23-29 Juli, dan dosis kedua tanggal 6-12 Agustus 2024," katanya.

Imunisasi polio, lanjutnya, diberikan pada anak dengan usia 0 bulan-7 tahun 11 bulan 29 hari.

"Di wilayah Kelurahan Petojo Selatan orang tua sangat antusias sekali membawa anaknya untuk diberikan imunisasi polio agar terhindar dari berbagai macam penyakit," ucapnya.

Febri menambahkan, bagi anak yang telah mengikuti imunisasi polio diberikan PMT penyuluhan berupa kudapan tinggi protein hewani dengan menu bubur sumsum, telor rebus, dan buah. Serta pemberian balon agar anak-anak menjadi senang.

"Harapan kami semoga untuk warga Petojo Selatan segera bawa anak balitanya datang ke puskesmas, posyandu, pos imunisasi untuk mengikuti imunisasi polio," tandasnya.