439 Peserta Ikut Seleksi Calon Paskibraka Jakarta Pusat Tahun 2024

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Seleksi paskibraka. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat memalui Suku Badan (Suban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar kegiatan tahapan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menjelaskan bahwa seleksi calon paskibraka ini sebagai wadah bagi para pemuda pemudi untuk menunjukkan komitmen serta dedikasinya dalam melayani bangsa dan negara melalui peran sebagai pengibar bendera pada perayaan kemerdekaan Republik Indonesia mendatang.

"Menjelang perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus mendatang, kami mengawalinya dengan melakukan seleksi calon paskibraka," katanya saat membuka seleksi paskibraka, di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Sabtu (20/4).

Menurutnya, pada seleksi calon paskibraka tahun ini ada yang berbeda, dahulu ditangani oleh Suku Dinas Pemuda dan Olahraga namun saat ini ditangani oleh Suban Kesbangpol.

"Kenapa ada perubahan, karena nantinya Paskibraka Tahun 2024 ini jika sudah purna tugas akan mendapat tugas tambahan sebagai duta Pancasila," jelasnya.

Dhany juga berharap semoga para calon paskibraka yang nanti terpilih tidak hanya sampai di tingkat kota namun bisa sampai tingkat provinsi bahkan nasional.

Sementara itu, Kepala Suban Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat menambahkan, seleksi calon paskibraka ini akan berlangsung selama 4 hari dengan total peserta sebanyak 439 siswa dari 57 sekolah tingkat SMA dan SMK se-Jakarta Pusat.

"Hari ini akan dilakukan tes aplikasi, tes wawasan kebangsaan, dan tes intelegensi umum. Kemudian di hari Senin (22/4) akan dilaksanakan tes kesehatan," ujarnya.

Apabila calon Paskibraka telah dinyatakan lolos tes kesehatan, lanjut Rachmat, maka tahap selanjutnya adalah tes kesamaptaan, parade, dan baris-berbaris.

"Kemudian di hari Kamis (25/4) akan dilaksanakan tes kepribadian serta dilakukan sistem ranking," tambahnya.