Akomodir Kebutuhan Warga, Kelurahan Karang Anyar Gelar Pra Musrenbang Tahun 2024

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pra Musrenbang Kelurahan Karang Anyar. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Lurah Karang Anyar Arif Lingga Pratama memimpin Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan, di aula kantor kelurahan setempat, Jalan B RT 08/RW 05, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (17/1). 

Lingga mengatakan, kegiatan pra musrenbang ini terbagi dalam 3 hari yaitu, dari tanggal 16 kemarin untuk RW 01 hingga 04, kemudian hari ini untuk RW 05-08, dan esok tanggal 18 untuk RW 09-13.

Usulan yang mendominasi, lanjut Lingga, seperti penerangan jalan, kemudian ada juga perbaikan jalan, Alat Bantu Edukasi (ABE) untuk PAUD, alat musik hadroh, dan juga perangkat olahraga.

“Hasil dari pra musrenbang ini nantinya akan kita bawa ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Musrenbang Terintergrasi Tingkat Kecamatan,” ujarnya.

“Untuk setiap RW memiliki lima prioritas kebutuhan yang bisa diusulkan, tentunya sesuai dengan daftar template yang tersedia namun, kalau ada kebutuhan warga diluar itu bisa diusulkan melalui proposal ke pihak terkait seperti, contoh tadi ada RW yang membutuhkan speaker untuk musala, saya sarankan untuk membuat proposal yang ditujukan untuk Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat,” jelasnya.

Lingga juga berharap usulan prioritas yang disampaikan para RW ini nantinya setelah terpenuhi, manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak warga masyarakat, khususnya untuk alat olahraga dan juga musik kebudayaan, serta dapat mengurangi kegiatan-kegiatan negatif yang kerap dilakukan oleh warga terutama yang usia produktif.

“Sementara untuk usulan non fisik seperti pelatihan mengemudi, memasak, menari atau yang lainnya yang biasa diselenggarakan oleh suku dinas terkait.  Nantinya pihak RW dapat menghubungi suku dinas yang biasa melaksanakan pelatihan-pelatihan,” tutupnya.