Aksi Penyampaian Pendapat di DPR, PMI Jakpus Disiagakan

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

PMI Jakpus Disiagakan pada penyampaian pendapat di DPR. Foto: pusat.jakarta.go.id

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Pusat mengerahkan 3 unit ambulans, 3 motor first aider, dan 15 petugas kesehatan pada penyampaian pendapat di depan Gedung DPR, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, pada Kamis (22/8) kemarin.

"Kita sudah siaga dari jam 11.00 WIB, kami langsung mengerahkan personel dan ambulans ke Gedung DPR RI bergabung dengan rekan-rekan PMI se-DKI Jakarta," kata Staf Bidang Pelayanan PMI Jakarta Pusat Sahara, saat dikonfirmasi, Jumat (23/8).

Menurutnya, pengerahan personel dan ambulans ke lokasi aksi massa untuk memberikan pertolongan pertama baik para petugas maupun masa apabila ada yang mengalami luka-luka atau cedera. 

“Pada aksi penyampaian pendapat tersebut, tercatat ada 15 korban yang mengalami cedera dan sesak napas,” ucapnya. 

“Terkait penanganan, kita memberikan perawatan medis kepada massa yang membutuhkan. Untuk luka ringan akan ditangani di dalam ambulans, sedangkan luka berat akan dirujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua PMI Kota Jakarta Pusat Asep Djuanda Sunarya mengatakan, pihaknya sudah memberikan arahan serta imbauan kepada seluruh tim yang bertugas untuk selalu menjaga kenetralan dan memegang prinsip-prinsip kepalangmerahan dalam menjalankan tugas layanan kemanusiaan.

“Seluruh personel yang dilibatkan dilengkapi dengan pengaman diri dan wajib bersurat tugas, id (tanda pengenal) serta armada atau kendaraan seperti ambulans yang dikerahkan wajib menggunakan logo PMI,” jelas Asep.

Asep menambahkan, relawan yang diturunkan ini terus bersiaga hingga aksi unjuk rasa berakhir dan kondisi di lokasi sudah normal.