Asminkesra Terima Audiensi Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia

Reporter: Fajar Magang  | Editor: Andreas Pamakayo

Asminkesra terima audiensi Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia. Foto: Naufal Magang

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat Reza Pahlevi menerima audiensi Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia membahasa peningkatan kapasitas dan kemandirian lewat program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM).

Perwakilan DPP Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia sekaligus Penanggung Jawab RBM Aulia Amin menjelaskan, mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat tentang pemberdayaan disabilitas menuju layanan inklusif di wilayah Tanah Abang.

"Tujuan kami kesini meminta dukungan atas kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, peningkatan kapasitas dan kemandirian optimal fisik, mental, sosial, dan vokasional anak dengan disabilitas melalui program RBM," katanya.

"Agendanya running dari mulai hari ini sampai Oktober. Terdiri dari training pendampingan (Oktober 2024), training fisioterapi (September 2024), training deteksi dini (Agustus-September 2024), dan yang paling penting adalah training tentang RBM Program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (Oktober 2024)," imbuhnya.

Aulia berharap program RBM dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memberdayakan penyandang disabilitas di wilayah Jakarta Pusat. Dengan Kolaborasi antara pemerintah, organisasi penyandang disabilitas, lembaga swadaya masyarakat, dan komunitas lokal, dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung penyandang disabilitas. Sehingga mereka dapat memperoleh keseteraan hak-hak yakni hidup mandiri dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat.

Sementara itu, Asminkesra Sekko Jakarta Pusat Reza Pahlevi menyatakan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat sangat mendukung agenda para disabilitas ini untuk menunjang kehidupan sosial di tengah masyarakat.

"Kita akan mendukung sarana-sarana yang akan menunjang kegiatan program RBM, semoga pelaksanan bisa berjalan dengan baik," tandasnya.