Cempaka Putih Barat Gelar Apresiasi RT/RW Pengumpul Map GAR Terbanyak

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan apresiasi kepada RT-RW pengumpul donasi terbanyak dalam gerakan Map GAR. Foto: Malik Maulana

Kelurahan Cempaka Putih Barat memberikan apresiasi bagi RT dan RW pengumpul donasi terbanyak dalam Map Gerakan Amal Sosial Ramadan (GAR) Tahun 2024. 

Lurah Cempaka Putih Barat Annisa Titisunda mengatakan, apresiasi ini merupakan bentuk penghargaan terhadap upaya RT dan RW yang telah mengumpulkan ZIS melalui Map GAR yang diedarkan saat Ramadan lalu. 

Annisa mengharapkan penghargaan kepada RT dan RW pemenang ini akan semakin memotivasi mereka berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

"Alhamdulillah dalam pengumpulan Map GAR, Cempaka Putih Barat bisa menghimpun sekitar Rp 160 juta. Saya apresiasi para RT dan RW yang telah berupaya maksimal. Tadi kita berikan penghargaan kepada RT/RW berupa piagam dan bingkisan dari Baznas Bazis Jakarta Pusat," katanya, di Kantor Kelurahan Cempaka Putih Barat, Rabu (16/10).

Annisa menambahkan, para RW pemenang itu yakni, RW 05 Kelurahan Cempaka Putih Barat mengumpulkan sekitar Rp 9,3 juta sebagai yang terbanyak. Lalu disusul RW 07 Kelurahan Cempaka Putih Barat mengumpulkan sekitar Rp 7,7 juta dan RW 04 mengumpulkan sekitar Rp 5,7 juta.

Sedangkan kategori RT terbanyak menghimpun Map GAR yakni, RT 01/07 Kelurahan Cempaka Putih Barat sebesar sekitar Rp 1,75 juta. Disusul RT 15/05 Kelurahan Cempaka Putih Barat senilai sekitar Rp 1,26 juta dan RT 04/07 Kelurahan Cempaka Putih Barat sebesar sekitar Rp 1,24 juta.

"Semoga ini semakin memotivasi kita untuk terus berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Joehandi berharap, apresiasi ini semakin memotivasi mereka untuk terus menghimpun ZIS yang periode pengumpulannya berakhir di Desember 2024 nanti. 

Berdasar perhitungan sementara capaian, perolehan pengumpulan ZIS Kecamatan Cempaka Putih yang terbesar dan Kelurahan Cempaka Putih Timur serta Kelurahan Cempaka Putih Barat sebagai urutan pertama dan kedua di Tingkat Kelurahan se-Jakarta Pusat.

Menurutnya, wilayah Kelurahan Cempaka Putih Barat memiliki potensi luar biasa dalam pengumpulan ZIS. Namun demikian, diakuinya, potensi itu tidak akan menjadi apa-apa bila tidak dioptimalkan.

"Tanpa dukungan RT dan RW hasilnya tidak akan maksimal. Semoga apresiasi ini semakin memotivasi," tambahnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Raja Zamzami mengatakan, pihaknya juga melakukan penyerahan simbolis tiga unit rumah hasil dari program bedah rumah tahun 2023 lalu. Ketiga rumah itu milik Rohadi di Jalan Cempaka Putih Barat RT 03/02 Kelurahan Cempaka Putih Barat, Nurhasanah di Jalan H Munafik lll RT 03/02 Kelurahan Cempaka Putih Barat dan Rohadi di Jalan Cempaka Putih Barat Xl RT 02/11 Kelurahan Cempaka Putih Barat.

"Hasil dari pengumpulan ZIS itu nantinya dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk program dan kegiatan. Seperti bedah rumah bagi duafa ini," tandasnya.