DWP Jakpus Kunjungi Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Kunjungan DWP Jakpus ke Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2. Foto: Maulana

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pertemuan rutin (pertin) sekaligus kunjungan ke Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, Jalan Bina Marga, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (20/9).

Ketua DWP Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, pertin kali ini sangat istimewa karena dapat melaksanakannya di tempat yang istimewa.

"Kali ini kami melaksanakan pertemuan rutin berbeda dengan yang lainnya, karena hari ini DWP Jakarta Pusat mengunjungi panti sosial. Tempat yang sangat istimewa, tempat yang banyak sumber ilmunya, tempat yang sangat menginspirasi," katanya.

Ucu mengaku sangat antusias dan bersyukur saat mengikuti pertin DWP di panti sosial. "Luar biasa sekali, saya merasa terharu sekaligus sangat bersyukur karena ketika kami sampai di tempat ini langsung disambut dengan Warga Binaan Sosial (WBS) yang wajahnya penuh semangat dan bahagia, saya jadi terbawa suasana," ujarnya.

Ucu mengungkapkan bahwa kunjungan DWP Jakarta Pusat ke panti sosial ini selain untuk melaksanakan pertin juga memberikan bantuan.

"Kami juga memberikan bantuan berupa pakaian laik pakai, makanan ringan, sembako, alat kebersihan, tolak angin 10 dus, minyak kayu putih 20 botol ukuran 60 mili," jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 Suprapto menambahkan, panti sosial ini diisi dengan warga binaan sosial yang mengalami ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan) dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) sebanyak 1.206 orang.

"Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 ini dibagi menjadi dua lokasi, lokasi yang ibu-ibu DWP kunjungi ini adalah panti sosial khusus wanita yang diisi oleh 510 WBS kemudian dibagian belakang ada panti khusus laki-laki dengan WBS sebanyak 696 jadi totalnya sekitar 1.206 WBS," Suprapto menerangkan.

Menurutnya, WBS di panti sosial ini selalu diberikan banyak kegiatan, mulai dari senam bersama hingga pemberian pelatihan.

"Kegiatan-kegiatan yang ada di panti sosial ini lumayan banyak, mulai dari bersih-bersih diri di pagi hari kemudian sarapan bersama, setelah sarapan dilanjutkan dengan minum obat, lalu senam bersama," tuturnya.

Dia menambahkan, bagi WBS yang memiliki hobi melukis diberikan pelatihan melukis atau asah karya seperti, pembuatan mote-mote, taplak, dan keset.

Suprapto juga mengucapkan terima kasih kepada DWP Jakarta Pusat atas kunjungan dan perhatiannya karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk berkunjung.

"Kami dari pihak panti mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada DWP Jakarta Pusat atas atensinya terhadap panti sosial ini. Mudah-mudahan DWP Jakarta Pusat juga bisa mengunjungi panti-panti sosial lainnya dan menjadikannya sebagai agenda rutin DWP," imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam menyambut kedatangan DWP Kota Administrasi Jakarta Pusat, WBS Laras Harapan Sentosa 2 menampilkan marawis kemudian tari-tarian seperti tari Sinanggar Tulo dan tari Sajojo. Tidak hanya itu, WBS juga menampilkan tim qosidah, persembahan lagu, dan ditutup dengan flash mob anak Medan.