Hyminaphogot Kelurahan Harapan Mulya Raih Juara Dalam Ajang Jakarta Innovation Award

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Jakarta Pusat Raih Juara dalam ajang Jakarta Innovation Award (JIA). Foto: Maulana

Hyminaphogot, olahan sampah organik terintergrasi ketahan pangan di rumah, hasil karya Musa Rustam, Sekretaris Kelurahan Petojo Utara saat masih menjabat sebagai Kasi Ekbang Kelurahan Harapan Mulya meraih Juara 2 dalam ajang Jakarta Innovation Award (JIA) kategori Masyarakat.

Kegiatan yang diinisiasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta berlangsung di Balai Sudirman Jalan Saharjo Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (1/10).

Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany mengucapkan selamat atas keberhasilan Hyminaphogot dan bahwa inovasi ini merupakan role model dan akan dikembangkan ke wilayah lain. Dengan keterbatasan lahan, Hyminaphogot dapat mengkombinasikan pengelolaan perikanan, hidroponik, juga maggot.

Menurutnya, hasil karya Hyminaphogot ini akan dikembangkan, karena merupakan role model atau menjadi contoh karya yang ada di Jakarta Pusat. Dengan keterbatasan lahan Hyminaphogot dapat digunakan baik dari perikanan, hidroponik, juga maggot.

"Dengan pola sistem Hyminaphogot ini sudah menjadi alat terpadu yang akan memajukan masyarakat mengembangkan dan membudidayakan apa saja yang ada di masyarakat untuk wilayahnya masing-masing," tutur Denny.

Alat Hyminaphogot ini, lanjut Denny, nantinya akan disosialisasikan ke seluruh warga masyarakat khususnya Jakarta Pusat. Selain itu, akan dibuatkan replikasi hingga di hak patenkan agar dapat dijual ke perusahaan yang membutuhkan.

Sementara itu, Musa mengucap syukur dengan adanya verifikasi lapangan dari tim Jakarta Innovation Award sehingga karyanya dapat masuk dalam kategori Masyarakat.

Menurut Musa, ke depannya tak hanya Hyminaphogot saja, ia sedang merancang alat terbaru bernama "saudara kembar" atau Himekmelon, yaitu, hidroponik maksida melon.

"Suatu konsep menanam melon seperti halnya menaman hidroponik tetapi tidak membutuhkan banyak lokasi yang luas. Satu pohon dapat menghasilkan 20 hingga 30 buah melon dengan jangka waktu beberapa bulan ke depan," katanya.

Untuk diketahui, Jakarta Innovation Award (JIA) adalah penghargaan yang diberikan kepada para inovator di Jakarta, baik dari masyarakat maupun pemerintah.JIA juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan tahunan Jakarta Innovation Days (JID).

Kegiatan Jakarta Innovation Days ini berlangsung selama empat hari dari tanggal 1 hingga 4 Oktober 2024 dan dibuka oleh Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko didampingi Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania.