Jakarta Berjaga Program 7.500 Langkah Sehari Bagi ASN

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Selebrasi Jakarta Berjaga, di GBK. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir menghadiri puncak selebrasi Jakarta Berjaga sekaligus peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, di Pintu Selatan Gelora Bung Karno (GBK), Kecamatan Tanah Abang, Minggu (9/6).

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang ikut menghadiri kegiatan ini tak luput menyapa para Apratur Sipil Negara (ASN) serta warga masyarakat yang ikut andil dalam program 7.500 langkah sehari yang diusung Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH). 

Heru juga ikut merayakan rekor MURI yang diraih Pemprov DKI Jakarta untuk kategori jalan kaki 7.500 langkah per hari oleh ASN terbanyak.

Kepala Dinkes Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, kampanye Berjaga atau Bergerak, Bekerja, Berolahraga, dan Bahagia, dilakukan sejak 28 April 2024 lalu. Setiap harinya, Pemprov DKI memberikan tantangan kepada ASN dan masyarakat untuk menjalankan aktivitas hidup sehat.

Ani menyebutkan, kegiatan jalan sehat tersebut dimaksudkan untuk membiasakan gaya hidup sehat dengan membiasakan berjalan kaki 7.500 langkah. 

"Alhamdulillah tantangan ini diikuti sekitar 5.300 orang yang telah menyelesaikan tantangan. Hari ini kami rayakan bahwa kita sudah berhasil. Mudah-mudahan kegiatan ini bukan akhir tapi adalah awal dari kampanye kita bersama agar Jakarta memiliki masyarakat yang sehat, aktif, dan produktif," papar Ani.

Ani menyebutkan kegiatan Jakarta Berjaga juga bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup. "Karena antara kesehatan dan lingkungan hidup adalah sesuatu yang sangat bestie. Ketika kita punya gaya hidup sehat maka tentu kita punya kontribusi yang sangat luar biasa terhadap kualitas udara yang ada di Jakarta," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Ani juga berterima kasih atas penghargaan yang diberikan museum rekor perihal ASN terbanyak yang mengikuti jalan sehat.

"Teman-teman tadi sudah melakukan funwalk diikuti sekitar 5.000 peserta dan hari ini ada pemecahan rekor Muri untuk jalan kaki 7.500 langkah per hari oleh ASN terbanyak. Mudah-mudahan ASN DKI akan mampu menjadi agent of change untuk kampanye gaya hidup sehat di Jakarta," tutupnya.