Kecamatan Kemayoran Raih Juara I Festival Beduk Tingkat Kota Tahun 2024

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Kelurahan Kemayoran menerima tropi dan uang pembinaan. Foto: Malik Maulana

Kelurahan Kemayoran perwakilan dari Kecamatan Kemayoran berhasil menjadi Juara I dalam lomba Festival Beduk Tingkat Kota Jakarta Pusat Tahun 2024. 

Hal itu sekaligus menjadikannya salah satu perwakilan ke lomba serupa di tingkat provinsi bersama grup dari Kelurahan Galur (Kecamatan Johar Baru) dan Kelurahan Rawasari (Kecamatan Cempaka Putih) sebagai juara II serta III.

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir mengatakan, kegiatan Festival Beduk Tahun 2024 merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat. Kegiatan sempat terhenti selama 2 tahun pada saat terjadi pandemi COVID 19.

"Setelah COVID 19 dan kehidupan telah normal kembali ini merupakan tahun kedua dilaksanakan. Kita telah mendapat 5 terbaik dan tiga di antaranya akan mewakili ke tingkat provinsi," katanya, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (20/3).

Dijelaskan Chaidir, kegiatan lomba dalam Festival Beduk ini memiliki nilai pelestarian budaya. Hal ini menjadi penting mengingat saat ini DKI Jakarta akan bertransformasi status dari ibu kota negara ke kota global.

Sebagai kota global Jakarta ke depan akan terbangun dari beragam elemen. Meski demikian, ia berharap transformasi itu tidak akan merubah karakter budaya Islam yang salah satunya budaya beduk sebagai ciri khas.

Menurutnya, selain sebagai upaya pelestarian festival beduk ini juga membawa pesan yang baik untuk meningkatkan nilai keguyuban dan keharmonisan masyarakat di Jakarta Pusat. Apalagi, kegiatan bermuatan religius dengan mengumandangkan takbir dan dzikir dalam aktivitas.

"Target kita bisa menjadi juara di tingkat provinsi. Mudah-mudahan tahun depan peserta lebih banyak dan festival beduk lebih berkembang," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Festival Beduk Kelurahan Kemayoran Rizky Fadillah mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk mengikuti lomba di tingkat kota. Selama ini, Ia dan rekan-rekan hanya berlatih rutin saja sebelum mengikuti lomba.

"Semoga tahun ini Festival Beduk Tingkat Provinsi bisa menjadi milik Jakarta Pusat dari Kemayoran," ujarnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kemayoran Fitria Sari mengaku tidak membebani anak binaannya itu untuk menjadi juara. Dia hanya berpesan agar mereka selalu menampilkan yang terbaik dalam setiap pertunjukan.

"Dengan menjadi juara, semoga semakin memacu anak-anak lain di Kelurahan Kemayoran untuk berprestasi dan ikut latihan di RPTRA Bandar Kemayoran," tandasnya.