Kelurahan Kebon Sirih Laksanakan Penandatanganan Komitmen Aksi Konvergensi Intervensi Penurunan Stunting

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Penandatanganan Komitmen Aksi Konvergensi Intervensi Penurunan Stunting. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Kebon Sirih melaksanakan penandatanganan komitmen aksi konvergensi intervensi pencegahan dan penurunan tengkes atau stunting. 

Kegiatan ini diikuti, Puskesmas Pembantu Kebon Sirih, ketua RW, PKK, Posyandu Balita, Dasawisma, LMK, dan kader Jumantik yang berjumlah kurang lebih 70 orang.

"Rembuk ini bagian dari kesepakatan antar pemerintah daerah, RT-RW dan yang bersinggungan langsung dengan anak yang terindikasi stunting," kata Lurah Kebon Sirih Heru Tri Prasetyo, di Aula Kantor Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jumat (28/6). 

"Adanya rembuk ini juga bisa mengurangi atau paling tidak Kelurahan Kebon Sirih zero kasus stunting," imbuhnya, didampingi Sekkel Kelurahan Kebon Sirih Hagi Teugeuh.

Heru berharap dengan adanya penandatangan komitmen aksi konvergensi intervensi pencegahan dan penurunan stunting seluruh pihak yang terkait bisa berperan aktif dalam menuntaskan kasus stunting di wilayah Kebon Sirih. 

"Penandatangan ini bukan seremonial semata tetapi benar-benar dilaksakan dengan keikhlasan hati sehingga kasus stunting tidak ada lagi di Kelurahan Kebon Sirih," imbaunya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pembantu Kebon Sirih Pramesty Yunita Putri menambahkan, sampai saat ini anak yang terindikasi stunting di Kelurahan Kebon Sirih ada 10 kasus.

Untuk mengatasinya, lanjut Pramesty, pihaknya lewat lintas sektor, kelurahan, bersama bekerja agar kasus stunting bisa ditangani dengan baik. 

"Sudah banyak upaya yang dilakukan dibantu oleh kader dan para masyarakat dengan mengoptimalkan pelayanan posyandu sweeping, penimbangan berat badan, edukasi, dan pemberian makanan tambahan," jelasnya. 

Menurutnya, dalam mengatasi stunting difokuskan pada 2 tahun pertama usia anak untuk melakukan perbaikan gizinya. 

"Kami harapkan kita bisa berkerja sama dengan lintas sektor agar tidak menganggap remeh permasalahan stunting sehingga bisa ditangani secara bersama agar kasusnya jadi nihil atau tidak ada lagi," terangnya. 

Pada kesempatan ini juga diberikan informasi pengetahuan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting yang diberikan oleh perwakilan Puskesmas Pembantu Kebon Sirih.