Libatkan 400 Petugas Gabungan, Pemkot Jakpus Kerja Bakti di Kawasan Lapangan Banteng

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat ikut kerja bakti di kawasan Lapangan Banteng. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan kerja bakti bersih-bersih di kawasan Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (16/8) pagi. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, kerja bakti merupakan rangkaian persiapan penyelenggaraan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, melibatkan petugas gabungan dari unsur PPSU, SDA, Bina Marga, Lingkungan Hidup, Satpol PP, Perhubungan, Pertaman dan Hutan Kota, serta pekerja sosial masyarakat. 

"Rencananya besok kami akan melakukan upacara pengibaran bendera di Lapangan Banteng. Karena itu, hari ini kita melakukan kerja bakti yang melibatkan hingga sebanyak 400 personel," katanya.

Dhany menjelaskan, kegiatan kerja bakti tidak hanya melakukan pembersihan kawasan tetapi melakukan pemangkasan pohon, penataan taman dan perapian kanstin pedestrian.

Nantinya, lanjut Dhany, kegiatan upacara tidak hanya diikuti ASN tetapi akan melibatkan unsur Forum Pimpinan Kota (Forkopimko), legiun veteran, dan unsur masyarakat yang diundang. Ditargetkan, kegiatan diikuti sebanyak 3.000 peserta.

"Harapannya upacara bendera ini semakin menumbuhkan kecintaan tanah air dan menanamkan nilai dalam diri kita meraih kemerdekaan bukan hal mudah, tapi butuh perjuangan dan pengorbanan. Karena itu kita harus punya semangat patriotisme, cinta tanah air, dan kerja keras dalam mengisi kemerdekaan," tegasnya.

Dhany menuturkan, dalam kegiatan ini juga dilakukan penanaman sebanyak 17 pohon pelindung. Penanaman pohon dengan jumlah 17 itu sekaligus melambangkan semangat kemerdekaan.

"Sebanyak 17 pohon pelindung terdiri dari pohon mahoni dan kamboja. Semoga keberadaan pohon nantinya bisa menambah teduh kawasan dan mengatasi dampak pencemaran udara," tandasnya.